45 Peserta JPT Pratama Pemkab Bolmong Ikut Tes Kompetensi

BOLMONG –Sebanyak 45 orang peserta seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), mengikuti tes kompetensi, Senin (21/6).

Tahapan seleksi ini akan berlangsung selama 3 hari, di Hotel Sutanraja Kotamobagu.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Bolmong Umarudin Amba mengatakan, tes yang dikuti oleh para peserta seleksi ini berkaitan dengan wawasan pengetahuan hingga kepribadian.

“Hari ini tes kompetensi, peserta akan menjawab soal-soal yang sudah disediakan, mulai dari tes kepribadian, umum hingga secara kepemimpinan dalam organisasi,” terangnya.

Peserta dites langsung oleh tim penilai atau asesor dari Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Region Makasar, yang terdiri dari dua orang.

“PPSDM Kemendagri Region Makasar akan menilai kepribadian tiap peserta, dari soal-soal yang diberikan dan akan ditentukan posisinya nanti sesuai hasil yang diuji,” ujarnya.

Umarudin menambahkan, hasil nilai dari para peserta nantinya akan diakumulasi. Mulai dari pembuatan makalah, presentasi hingga wawancara.

“Pada pokoknya sekian banyak pelamar akan ada perengkingan dari satu, dua, tiga dan seterusnya,” tambahnya.

Hasil dari akumulasi keseluruhan tiap tahapan akan diinput dan dikirim melalui online, selanjutnya akan diketahui nilai tertinggi.

“Kita akan menunggu hasil dari pansel, kemungkinan pekan depan usai assessment akan diinput dan diakumulasi keseluruhan, sehingga akan ditentukan peserta dengan nilai tertinggi,” katanya.

Adapun 13 jabata yang dilelang adalah, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Dinas Perkebunan, Dinas Kominfo, Dinas Pemuda dan Olahraga, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Dinas Pol-PP, Dinas Kependudukan dan Capil, Badan Keuangan Daerah, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Kesehatan serta Dinas Pembedayaan Masyarakat dan Desa.

Peliput: Yudi Paputungan.

Komentar