36 Paskibraka Resmi Dikukuhkan, Bupati Limi: Jadilah Generasi Muda Berkarakter yang Berlandaskan Pancasila

BOLMONG – Sebanyak 36 anggota pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) pada hari ulang tahun kemerdekaan (HUT) Repubik Indonesia (RI) ke 77, di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) resmi dikukuhkan.

Pengukuhan itu sekaligus dirangkaikan dengan penetapan anggota Paskibraka Kabupaten Bolmong sebagai Duta Pancasila yang akan menjalankan tugas usai 17 Agustus 2022 nanti.

Dipimpin langsung Penjabat (Pj) Bupati Bolaang mongondow (Bolmong) Ir Limi Mokodompit, Upacara Pengukuhan berlangsung khidmat di pelataran Kantor Bupati Bolmong, Lolak, Jumat 12 Agustus 2022.

Turut hadir, para Kepala OPD, perwakilan Polres Bolmong, Dandim 1303/BM, Danyon Armed 19/105 Tarik Bogani, Purna Paskibraka, Instruktur serta para orang tua Paskibraka yang dikukuhkan.

Penjabat Bupati Limi Mokodompit, saat memimpin upacara pengukuhan Paskibraka Kabupaten Bolmong dan penetapan Duta Pancasila tahun 2022. (foto. yudi paputungan).

Adapun diketahui, para peserta diklat Paskibraka tahun 2022 ini, merupakan putra-putri terbaik yang telah melalui tahap penjaringan dari berbagai sekolah di wilayah Kabupaten Bolmong, mulai dari tingkat SMK, SMA maupun swasta, dengan terseleksi sebanyak 38 orang.

Diantaranya, 36 orang akan bertugas di kabupaten dan 2 orang ke Provinsi. Dengan rincian putra 21 orang dan 17 putri.

Kemudian, ke 36 anggota Paskibraka ini, pada tanggal 27 Juli 2022 telah mulai melakukan berbagai pelatihan bersama instruktur yang akan menjalankan tugas mengibarkan bendera merah putih hingga penurunan bendera pada 17 Agustus nanti.

Pantauan Bolmongnews, adapun proses rangkaian pengukuhan oleh Bupati Limi Mokodompit, diawali dengan pembacaan Ikrar Pengukuhan Paskibraka
atau ‘Ikrar Pemuda Indonesia’ yang serentak diikuti oleh seluruh peserta diklat.

Tampak 36 anggota Paskibraka Kabupaten Bolmong, saat memberi penghormatan kepada Penjabat Bupati Bolmong Limi Mokodompit pada upacara Pengukuhan Paskibraka dan Duta Pancasilla, Jumat 12 Agustus 2022. (foto.yudi paputungan).

Kemudian Bupati Limi Mokodompit secara resmi mengukuhkan anggota Paskibraka Kabupaten Bolmong dan penetapan sebagai Duta Pancasila tahun 2022.

“Saya selaku Penjabat Bupati Bolaang Mongondow, dengan hari ini mengukuhkan anggota Paskibraka dan penetapan sebagai Duta Pancasila Kabupaten Bolmong tahun 2022,” ucap Bupati.

“Saya yakin, adik-adik bisa menjalankan tugas mengibarkan bendera pada 17 Agustus 2022, serta mampu menjadi generasi mudah berkarakter dan berwawasan luas yang berlandaskan Pancasila,” harap Bupati.

Selanjutnya, dalam amanat pembina upacara, Bupati Limi Mokodompit menyampaikan ucapan selamat dan berharap anggota Paskibraka dapat mengemban tugas dengan baik pada puncak acara 17 Agustus 2022 nanti.

Penjabat Bupati Limi Mokodompit, saat memakaikan kendit kepada salah satu anggota Paskibraka secara simbolis, Jumat 12 Agustus 2022. (foto.yudi paputungan)

“Mereka yang terpilih dari sekian ratus peserta, untuk bertugas mengibarkan bedera merah putih pada 17 Agustus 2022 nanti, dan ini putra-putri terbaik, kita harus merasa bangga,” kata Bupati Limi.

Bahkan Bupati menilai, ini merupakan awal dalam kedisiplinan mental untuk menjadi seorang pemimpin. Dan itu dinilai dari sekarang.

“Adik-adik ini harus berbangga, karena diberikan kesempatan dalam pengibaran merah putih nanti,” sebut Bupati.

Selain itu, lanjut Bupati, hari ini juga telah berikrar sebagai Duta Pancasila. Maka harus dapat mewujudkan watak, karakter dan menjadi seorag patriot bangsa.

“Adik-adik dituntu dengan totalitas diri untuk bisa menjalankan tugas dengn baik,” imbuhnya.

Mengakhiri sambutannya, Bupati Limi Mokodompit pun, ikut menyampaikan beberapa harapan.

Tampak Penjabat Bupati Bolmong Limi Mokodompit bersama para Kepala OPD dan perwakilan Polres Bolmong, Dandim 1303/BM, serta Danyon Armed 19/105 Tarik Bogani, saat menghadiri upacara Pengukuhan anggota Paskibraka dan penetapan Duta Pancasila tahun 2022, di pelataran Kantor Bupati Bolmong, Lolak, Jumat 12 Agustus 2022. (foto. yudi paputungan).

“Saya berharap seorang putra-putri terbaik, dapat menjadi generasi penerus tongkat estafet, dalam membangun kabupaten dimasa yang akan datang.

Tentu adik-adik sekalian dituntut sebagai pemuda yang berprestasi dan bermanfaat bagi sekolah dan keluarga. Sehingga jadilah purna yang berkarakter serta berprestasi dan mampu menjadi contoh teladan di tengah-tengah masyarakat,” harap Bupati.

Tak lupa juga, Bupati ikut menyampaikan ucapan terimkasih kepada para orang tua, karena telah mendukung dan memberikan kesempatan anak-anaknya, untuk menjadi anggota Paskibraka.

“Selamat menjalankan tugas. Ingat, suksesnya peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 77, berada di pundak adik-adik sekalian. Disamping itu, sebagai Duta Pancasila, saya sangat menaruh harapan agar dapat menjadi generasi muda harapan bangsa, dalam rangka menjaga kedaulatan negara dengan dasar Ideologi Pancasila,” pungkas Bupati. (Advetorial)

 

Reporter: Wahyudy Paputungan

Komentar