Digelar Terbatas, Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Bolmong Berlangsung Khidmat

BOLMONG – Upacara detik-detik Proklamasi pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) berlangsung terbatas di Kantor Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong). Namun, peringatan HUT Kemerdekaan RI meski di tengah pandemi tetap berlangsung khidmat dan lancar. Selasa(17/8).

Anggota Paskibraka Bolmong tampak siap mengibarkan bendera pusaka merah putih.

Upacara itu dengan mengangkat tema “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.” Adpun bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Bupati Bolmong Dra Hj Yasti Sopredjo Mokoagow, Komandan Upacara Lettu Arm Yudhanto Agung, dan Komandan Paskibraka yakni Letda Arm Sepri Ariyo. Sedangkan untuk pembacaan teks Proklamasi adalah Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling.

Seperti tahun 2020, pelaksanaan upacara HUT RI kali ini juga dilaksanakan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.  Hal ini pun terpantau Bolmong.news, dari seluruh peserta upacara menggunakan masker dan jumlah tamu undangan dibatasi untuk mendukung physical distancing.

Tampak Bupati Bolmong saat menyerahkan bendera pusaka merah putih kepada anggota Paskibraka.

Detik-detik Proklamasi itu turut disaksikan Wakil Bupati Bolmong  Yanny Ronny Tuuk STh MM, Sekertaris Daerah (Sekda) Tahlis Gallang SIP MM, Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, unsur Fokopimda dan para Asisten serta pimpinan OPD. Sedangkan para Camat, Sangadi ikut melaksanakan kegiatan upacara di kantornya masing-masing secara virual.

Bupati pun juga menyampaikan selamat merayakan Kemerdekaan RI ke-76 tahun.

“Dirgahayu bangsaku, sejahteralah negeriku, Indonesa Tangguh, Indonesia Tumbuh,”ucap Yasti.

Menanggapi HUT ke-76 Kemerdekaan RI Bupati Yasti menyampaikan, jika upacara ini tentu sejalan dengan HUT ke-76 Kemerdekaan RI. Pemkab Bolmong sendiri mendukung upaya dari pemerintah pusat dalam mewujudkan “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.” mengingat, masa pandemi ini begitu besar permasalahan dan tantangan pembangunan yang harus dilewati ke depannya.

Bupati Bolmongn Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk tampak berfoto bersama Sekertaris Daerah, Ketua DPRD Bolmong, Para Asisten, Pimpinan OPD dan unsur Forkopimda.

“Namun di lain pihak, terbatasnya sumber daya pembangunan, khususnya terbatasnya anggaran pembangunan, sehingga menjadi permasalahan pembangunan yang sangat mendasar saat ini,” ujar Bupati.

“Program strategis yang dapat memberdayakan tentu bisa membangkitkan partisipasi masyarakat, mulai dari penanggulangan kemiskinan, membuka kesempatan kerja dan meningkatkan perekonomian masyarakat pedesaan, dan telah menjadi perhatian kami selaku Pemkab Bolmong,” imbuh Yasti.

Bupati dan Wakil Bupati Bolmong, Sekda, Ketua DPRD Bolmong, Asisten, para Pimpinan OPD dan unsur Forkopimda, saat berfoto bersama dengan seluruh anggota Paskibraka.

Pada sektor pembangunan strategis lainnya, seperti  pertanian, pendidikan dan kesehatan dapat memperkuat pembangunan infrastruktur pedesaan dan perkotaan. Dan ini telah menjadi program prioritas Pemkab Bolmong dengan tetap mengedepankan pemerataan dan pertumbuhan yang berkualitas, guna menjabarkan visi-misi pemerintah daerah.

“Tentu di usia ini, mari kita kuatkan komitmen untuk terus bergeliat dan bergerak maju dalam membangun daearah Kabupaten Bolmong. Indonesia merdeka, daerah Bolmong maju terus,” ajak Yasti.

Usai upacara peringatan Proklamasi di Kantor Bupati Bolmong, tampak Bupati Yasti bersama unsur forkopimda mengikuti upacara HUT Kemerdekaan RI ke 76 secara virtual bersama Presiden RI, di ruang kerja Bupati Bolmong.

Data yang berhasil dihimpun media ini, sebanyak 36 Pasikibraka Bolmong yang bertugas pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-76 tahun, dengan 19 putra dan 17 putri sukses mengikabarkan bendera pusaka merah putih. Mereka yang bertugas diantaranya, pembawa bendera pusaka Rifani Pontoh (SMA 1 Poigar), pembawa baki duplikat Ni Made Noviasari ( SMA Swadarma wherdi agung). Sedangkan untuk pengibar merah putih yaitu Rafli Paputunga (SMK N 1 Lolak ), Moh arvito sinadia( SMA N 1 Lolak , Fhebri Husain (SMA N 1 Lolak).

Upacara itu pun berlangsung pukul 08.00 Wita – 09.30 Wita. Kemudian Bupati Bolmong melanjutkan peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI yang disampaikan langsung Presiden RI tepat pukul 10:00 Wita melalui virtual, di ruang kerja Bupati Bolmong.

(Advetorial)

Komentar