Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow Buka Musrenbang di Tiga Kecamatan Dumoga

BOLMONG – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menghadiri, sekaligus membuka secara resmi Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) di tiga Kecamatan Dumoga, Kamis, 17 Februari 2022.

Ketiga Kecamatan itu yakni, Dumoga Barat, Dumoga Utara dan Dumoga Tenggara.

Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow mengatakan, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang mengusung visi-misi selama lima tahun telah berakhir.

Tampak Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, saat membuka sekaligus memaparkan sejumlah capaian Kabupaten Bolmong selama memimpin. (foto.Yudi Paputungan).

Seiring dengan berkahirnya masa jabatan pada Mei 2022 mendatang.

Mengusung visi menuju ‘Bolaang Mongondow Hebat’, dan misi wujudkan pemerintahan yang bersih, Bupati ikut memaparkan sejumlah indikatir RPJMD selama memimpin Kabupaten Bolmong.

Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow mengatakan, mengusung visi menuju Kabupaten Bolmong hebat ada empat.

“Mulai dari wujudkan daya saing ekonomi daerah melalui dari pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan berkelanjutan, berbasis potensi sumber daya alam dan kearifan lolak,” sebut Bupati Yasti.

“Wujudkan pendidikan yang merata, terjankau dan berkualitas bagi masyarakat, dan serta mewujudkan pelayanan kesehatan yang cepat, terjangkau dan berkualitas,” sebutnya lagi.

Para peserta saat menghadiri, kegiatan Musrenbang Tingkat Kecamatan, di Kecamatan Dumoga Utara, Balai Desa Mopuya Utara, Kamis, 17 Februari 2022. (foto. Yudi Paputungan).

Selain itu, misi dalam meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.

“Serta pelayanan publik yang berkualitas dengan tujuan Reformasi Birokrasi,” ungkap Bupati.

Bupati Bolmong Yasti Sopredjo Mokoagow, juga membeberkan sejumlah prestasi selama memimpin Kabupaten Bolmong.

Menurut Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow, dirinya rasa bangga paska Pemerintah Kabupaten Bolmong bisa meraih WTP dari BPK di tahun 2022.

Tentu ini merupakan capaian yang tidak mudah.

Saat berlangsung Kegiatan Musrenbang tingkat Kecamatan, Dumoga Utara, Balai Desa Mopuya Utara, Kamis, 17 Februari 2022. (foto. Yudi Paputungan).

Menurut Bupati Yasti, sudah bertahun-tahun, Kabupaten Bоlmоng belum pernah meraih predikat opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari BPK RI.

“Ini merupakan capaian prestasi yang sangat baik dan saya sangat mensyukuri itu,” ungkap Yasti.

Saat membuka Musrenbang Kecamatan Dumoga Mopuya Utara, di Balai Desa Mopuya Utara, Bupati Yasti, juga ikut memaparkan tentang kehadiran Kawasan Industri Mongondow (Kimong).

Menurut Bupati Yasti, saat ini Kimong akan mulai dibangun pada tahun 2022 ini.

Tentu kata Bupati, jika kehadiran Kimong akan sangat membantu perekonomian masyarakat di Kabupaten Bоlmоng.

“Kimong akan membantu perekonomian Kabupaten Bolmong dan ini akan di mulai tahun 2022,” ujar Bupati Yasti, dihadapan para peserta Musrenbang.

Selain itu, lanjut Bupati Yasti, kehadiran Kimong tentu akan menyerap puluhan ribu tenaga kerja.

“Kimong akan menyerap sekitar 33.000 tenaga kerja, tentu kita akan prioritaskan putra dan putri daerah yang akan diterima di Kimong,” ucap Bupati.

Maraton, Bupati Bolmong saat menghadiri kegiatan Musrembang tingkat Kecamatan, Dumoga Tenggara, di Balai Desa Tapadaka, Kabupaten Bolmong, Kamis, 17 Februari 2022. (foto. Yudi Paputungan).

Sehingga, mantan anggota DPR RI ini, meminta dukungan penuh masyarakat Dumoga Utara, agar pembangunan Kimong bisa berjalan baik dan selesai tepat waktu.

“Tentu tanpa dukungan masyarakat, terutama warga Dumoga Utara, maka Kimong tak akan bisa dibangun,” ucap Bupati Yasti.

Selain Kimong, Bupati Yasti ikut mengenalkan bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang bekerjasama dengan Bank SulutGo.

Tentu ini, tentang kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Bolmong, terlebih khusus para petani yang terkendala dengan modal.

KUR ini adalah salah satu cara dari pemerintah untuk mengatasi masalah modal bagi petani.

“Jadi cari modal sekarang sudah tidak susah. Tapi ingat, hutang itu harus dibayar. Kalau sudah panen bisa kan dicicil,” tandas Bupati.

Selanjutnya, Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, membuka dengan resmi kegiatan Musrembang tingkat Kecamatan, di Dumoga Utara dan berakhir di Dumoga Tenggara, di Desa Tapadaka dua.

Hadir pada sejumlah kegiatan Musrenbang tingkat Kecamatan itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Tahlis Gallang, para Asisten, pimpinan OPD, Camat, Sangadi, Kapolsek dan Danramil.

Acara berlangsung dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan covid-19.

 

(Advetorial)

Komentar