RSUD Kotamobagu Akan Launching Aplikasi FORSA BLUD

BNews, KOTAMOBAGU — Plt Kepala Dinas Kesehatan Kotamobagu, Fernando Mongkau mengatakan dalam waktu dekat ini RSUD Kotamobagu akan menggelar launching Aplikasi Transformasi Sistem Akuntansi Badan Layanan Umum Daerah (Forsa BLUD).

“Usai mengikuti bimbingan teknis yang diselenggarakan BPKP perwakilan Sulawesi Utara, pekan depan aplikasi Forsa BLUD RSUD Kotamobagu akan segera dilaunching,” kata Fernando, Selasa (8/8/2023).

Menurut Fernando, aplikasi Forsa BLUD merupakan terobosan yang dikembangkan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Pusat yang berguna untuk memenuhi kebutuhan penerapan standar akuntansi pemerintahan berbasis akrual pada BLUD, Sesuai Peraturan Pemerintah nomor 12 tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 79 tahun 2018 tentang Badan Layanan Umum Daerah.

“Dengan menggunakan aplikasi ini, BLUD RSUD Kota Kotamobagu diharapkan dapat mengelola keuangannya secara akuntabel, sebab Forsa BLUD sendiri merupakan tools atau alat untuk membantu tata kelola demi akuntabilitas rumah sakit,” ujarnya.

“Disamping itu, aplikasi ini sangat membantu karena pengelolaan keuangan RSUD Kotamobagu nantinya sudah menggunakan sistem yang langsung terintegrasi dengan BPKP, dengan demikian tujuan RSUD Kotamobagu untuk peningkatan tata kelola keuangan yang baik bisa terwujud karena untuk pelaporan realisasi keuangannya sendiri langsung dibawah pengawasan BPKP,” tandasnya.

Reporter: Miranty Manangin

Komentar