Pemkot Konsultasi Pembangunan  Ring Road di BPVMBG

BOLMONGNEWS. COM, Kotamobagu– Pemerintah Kota (Pemkot) berkonsultasi dengan Badan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (BPVMBG) terkait rencana pembangunan ring road di wilayah Kota Kotamobagu, Kamis (5/9), di Bandung, Jawa Barat.

Kepala Bidang Penataan Ruang Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Adnan Pratama, mengatakan konsultasi sekaligus rapat asistensi dengan BPVMBG itu dilakukan guna memastikan jalur lintasan ring road terbebas dari patahan gempa. “Kita pastikan jalur ring road ini tidak terlintas pada patahan gempa. Ini penting agar dalam pelaksanaannya nanti tidak ada kendala,” katanya.

Ia mengungkapkan, ada beberapa daerah yang lintasan ring road-nya terlintas pada jalur sesar atau patahan pada tubuh bumi mengalami kerusakan karena ada pergerakan. Oleh karena itu, pihaknya memastikan jalur ring road di Kota Kotamobagu berada pada titik aman atau tidak berada di atas patahan tubuh bumi. “Design jalur ring road ada perubahan, karena kita sesuaikan dengan titik mana yang aman. Tapi ini tidak mengganggu proses yang ada,” ungkapnya.

Plt Kepala Dinas PUPR, Sande Dodo, menuturkan anggaran pembangunan ring road tersebut cukup besar. Sehingga itu, dalam pelaksanaannya pihaknya mempersiapkan semua hal dengan matang, termasuk soal rencana jalur lintasannya. “Yang paling tahu titik-titik patahan di seluruh Indonesia ini adalah BPVMBG. Sehingga itu kita konsultasi ke sana,” tutur Sekda Kotamobagu itu.(ewin)

Komentar