DPC Masata Dilantik, Ini Harapan Kadisbupdar Kotamobagu

KOTAMOBAGU- Dewan Pengurus Cabang, Masyarakat Sadar Wisata (Masata) Kotamobagu dilantik. Proses pelantikan digelar di New Strawberry Café Kotamobagu, Selasa (27/4). Pelantikan ini dilaksanakan oleh DPD Masata Sulut yang dipimpin langsung oleh Dino Gobel.

Menurut Gobel, Masata merupakan salah satu asosiasi paling aktif di masa pandemi dari Menparekraf.  Keistimewaan, Masata adalah para pelaku terdiri dari berbagai kalangan.

Tiga program utama, pertama yakni mengedepankan desa wisata yang ditetapkan oleh dinas pariwisata setempat. Hadir untuk memberdayakan masyarakat. Masata bisa mengundang kelompok desa wisata, untuk berkolaborasi.

Kedua, program digitalisasi, yakni aplikasi dalam website untuk pengembangan wisata dengan menggandeng PT Telkom. Memudahkan wiasatawan mengidentifikasi daerah wisata yang bisa dikunjungi.

“Ketiga program enterpreuneur atau ekonomi kreatif, dibuatkan program bagi masyarakat. Ketika sulut dilanda pandemi, kadis pariwisata kotamobagu, bisnis wisata kotamobagu tetap jalan,” ujarnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kotamobagu, Anki Taurina Mokoginta, mengatakan, pihaknya ikut mendorong pembentukan Masata Kotamobagu sebagai upaya meningkatkan pariwisata di Kotamobagu.

“Kami memfasilitasi terbentuknya Masata untuk membantu kerja-kerja Dinas Pariwisata. Ini kita bekerjasama dengan stake holder agar pariwisata di Kotamobagu bisa maju,” ujarnya.

Ia berharap, Masata ini akan menjadi salah satu moto penggerak untuk promosi wisata. Apalagi Kotamobagu bertumpuh pada ekraf dan kuliner.

“Kedepan Masata ini juga dapat menjadi salah satu jalan untuk seluruh pelaku-pelaku usaha pariwisata untuk bisa memajukan pariwisata yang ada di Kotamobagu,” katanya.

“Masata ini akan bersinergi mencari bagimana peluang yang bisa di dapat sehingga kita bisa mengembangkan potensi yang ada di daerah serta dapat menarik minat para turis sebanyak banyaknya,” sambungnya.

Sementara itu, Ketua Masata Kotamobagu, Fauzi Permata berterima kasih kepada Kadis Pariwisata Kotamobagu, karena telah mempercayakannya dan pengurus untuk menahkodai Masata periode 2020-2025.

“Mari kita bekerjasama memajukan wisata Kotamobagu,” ucapnya.

Selain Kotamobagu, pengurus Masata di Boltim, Bolmong, Bolsel dan Bolmut juga ikut dilantik. Turut hadir, Kadis Pariwisata Bolmut, Noval Djarumia, Kadis Pariwisata Boltim Rizki Lamaluta, Kadis Pariwisata Bolsel Wahyudin Kadullah dan perwakilan Kadis Pariwisata Bolmong serta Kadis Pariwisata Kotamobagu, Anki Taurina Mokoginta

(Laras Dondo)

 

Komentar