Cegah Stunting, Pemdes Pontodon Timur Salurkan Bantuan

BNews, KOTAMOBAGU — Pemerintah Desa (Pemdes) Pontodon Timur, Kecamatan Kotamobagu Utara, Kota Kotamobagu, melalui program stunting kembali menyalurkan bantuan untuk pencegahan dan penanganan anak stunting di wilayahnya.

Bantuan diserahkan langsung oleh Sekretaris Desa (Sekdes) Rina Savista Manangin, mewakili Sangadi (Kepala desa, red) Imelda Pasambuna, bertempat di Balai Desa setempat, Senin (12/6/2023).

Menurut Sekdes Rina Savista Manangin, bantuan yang diberikan berupa makanan tambahan dan vitamin bagi bayi stunting kali ini, untuk periode triwulan II tahun 2023.

“Total penerima manfaat di Desa Pontodon Timur ada 6 kepala keluarga. 5 penerima sudah disalurkan, sisa 1 penerima yang belum, karena yang bersangkutan masih ada keperluan di luar desa,” kata Rina.

Lanjutnya, bantuan pencegahan stunting yang bersumber dari Dana Desa tersebut, merupakan tindak lanjut dari instruksi pemerintah pusat yang menekankan peruntukan Dana Desa untuk penanganan kemiskinan ekstrim, penguatan ketahanan pangan serta pencegahan dan penanganan bayi stunting.

“Adapun bantuan yang diserahkan untuk pencegahan stunting, terdiri dari susu, madu, biskuit serta vitamin. Untuk susu, 3 dos perbulannya bagi setiap penerima,” pungkasnya.

Dihubungi terpisah, Sangadi Pontodon Imelda Pasambuna, berharap dengan adanya bantuan tersebut, bisa memaksimalkan upaya pemerintah daerah dalam menekan angka anak stunting di wilayah Kota Kotamobagu.

Selain perhatian dari pemerintah, ia pun berharap adanya pola asuh dari orang tua, tujuannya agar kemudian bantuan dari pemerintah bisa memberikan dorongan atau stimulus dalam upaya tercapainya nol stunting.

“Semoga dengan adanya bantuan ini bisa mencegah anak stunting di Desa Pontodon Timur dan wilayah Kota Kotamobagu pada umumnya,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Pontodon Timur, Abdul Marham Koikit, memberikan apresiasi atas pelaksanaan berbagai program pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan yang terus digalakkan pemerintah desa, salah satunya melalui program pencegahan anak stunting.

“Sebagai mitra kerja pemerintah desa, tentunya BPD sangat mengapresiasi dengan adanya program bantuan ini melalui intervensi dana desa, dengan harapan semoga upaya pemerintah dalam menekan angka anak stunting di wilayah Kota Kotamobagu pada umumnya dan Desa Pontodon Timur khususnya bisa tercapai melalui program bantuan yang diberikan,” harap Abdul.

Reporter: Miranty Manangin

Komentar