Apel Kesiapan Pantarlih di Kotamobagu Utara, Ketua KPU RI Sampaikan ini

BNews, KOTAMOBAGU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kotamobagu Utara menggelar apel kesiapan Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (Pantarlih), dalam rangka Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, Minggu, (13/2/2023) di halaman Kantor Kecamatan Kotamobagu Utara.

Ketua PPK Kotamobagu Utara Miranty Manangin, bertindak sebagai Inspektur upacara sekaligus membacakan amanat Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari.

Petugas Pemutahiran Data Pemilih (Pantarlih) yang akan melaksanakan pencocokan data pemilih (Coklit) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 secara serentak, akan dilaksanakan pada 38 Provinsi dan 514 Kabupaten/Kota se Indonesia.

Pantarlih merupakan ujung tombak dalam pemutakhiran dan penyusunan daftar Pemilih, untuk itu perlu adanya kesiapan Pantarlih dalam menjalankan tugas pemutakhiran data Pemilih.

“Pertama, berkoordinasi dengan tokoh masyarakat lokal pada saat akan memulai dan selesai melakukan Coklit. Kedua, dalam setiap pelaksanaan atribut/kelengkapan Pantarlih. Ketiga, dalam melaksanakan tugas, Pantarlih wajib mengisi buku kerja untuk mencatat semua aktivitas yang dilakukan. Keempat, apabila ada hal-hal yang belum jelas agar berkoordinasi dengan PPS, PPK atau KPU Kabupaten/Kota,” kata Mira.

Tahapan penyusunan daftar pemilih merupakan salah satu tahapan yang sangat krusial dan strategis bagi terselenggaranya Pemilihan Umum.

Oleh karena itu, pemutakhiran data pemilih menentukan bagi tahapan Pemilu selanjutnya.

“Jika hasil penyusunan daftar pemilih bermasalah atau tidak valid, dapat dipastikan tahapan Pemilu selanjutnya akan terganggu,” tuturnya.

Semntara itu Ketua Divisi SDM dan Permas Ucok Siregar mengatakan jumlah Pantarlih yang dilantik sebanyak 50 orang.

“Alhamdulillah PPS se Kotamobagu Utara telah melantik 50 pantarlih, dan akan mulai melakukan Coklit pada 12 Februari sampai 11 April 2023,” ujarnya.

Apel Kesiapan Pantarlih tersebut dihadiri Camat Kotamobagu Utara, Muh. Djunaidi Edo Mopobela, Ketua Bawaslu Kotamobagu Musli Mokoginta, Kapolsek Kotamobagu Utara IPDA Jufian, E Manopo, Danramil 1303-02/Passi Letda Inf Bustoming Toluhu, Panwascam dan Seluruh anggota PPK, PPS dan Pantarlih se Kecamatan Kotamobagu Utara.

Reporter: Wahyudy Paputungan

Komentar