1 September UMKM Center Kotamobagu Dilaunching

KOTAMOBAGU—Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu akan melaunching UMKM Center pada 1 September 2021 mendatang.

UMKM Center ini nantinya menjadi wadah berhimpun bagi seluruh UMKM di wilayah Kota Kotamobagu. Selain sebagai wadah berhimpun, nantinya juga akan dilakukan kegiatan pelatihan untuk merubah mindset para pelaku usaha.

Hal tersebut disampaikan Asisten II Pemkot Kotamobagu, Sitty Rafiqa Bora, saat coffe morning bersama sejumlah awak media, yang turut dihadiri Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara dan Ketua DPRD Meiddy Makalalag.

“Tanggal 1 September 2021 akan dilaunching UMKM Center di Kotamobagu. Launching akan dilaksanakan secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Program ini dihadirkan sebagai salah satu upaya mendorong pertumbuhan ekonomi di Kota Kotamobagu yang mengalami penurunan,  akibat adanya pandemi,” kata Rafiqa.

Ia menjelaskan, akan disediakan juga data center. Dimana semua data basenya tentang UMKM yang ada di Kotamobagu.

“Jadi pada saat memberikan bantuan, semua mengambil data di data center, baik Pertanian, Perindag, Perindustrian dan sebagainya semua disitu. Sehingga tidak ada lagi tumpang tindih,” jelasnya.

Lanjutnya, UMKM di Kotamobagu tercatat berjumlah 7.547. Dari jumlah tersebut yang terintervensi dana pemerintah sebanyak 3000an lebih.

“Sisanya itu menjadi PR dan kita carikan solusi agar tetap jalan,” jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara, mengatakan, UMKM Center ini menjadi program pemerintah.

“Inovasi yang diciptakan oleh Asisten II ini sangat baik, seluruh bantuan akan menuju kesana. Dimana seluruh bantuan melalui data UMKM Center,  sehingga tidak terjadi tumpang tindih pemberian bantuan, karena akan terbuka linknya ke masyarakat dan seterusnya,” pungas Wali Kota.

(Laras Dondo/ Erwin Makalunsenge)

Komentar