Gelar Reses Masa Sidang I Tahun 2022, Febrianto Tangahu Siap Kawal Aspirasi Masyarakat

BOLMONG – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Febrianto Tangahu, menggelar Reses Masa Sidang 1 Tahun 2022, Desa Bakan,  Kecamatan Lolayan, Kamis, 3 Maret 2022.

Dalam Reses ini, Febrianto Tangahu dari Fraksi Partai Nasdem, banyak menerima berbagai usulan yang disampaikan secara langsung oleh warga dari masing-masing desa di wilayah Kecamatan Lolayan.

Camat Lolayan Rivai Mokoagow, saat menghadiri agenda reses Anggota DPRD Bolmong Febrianto Tangahu. (foto.Yudi Paputungan).

Pada kesempatan tersebut, Febrianto Tangahu menerangkan, reses merupakan bagian dari agenda anggota DPRD yang sudah diatur dalam peraturan pemerintah (PP) tahun 2018 dan UU Nomor 23 tahun 2014.

Selain itu, reses juga hari dimana tidak ada masa sidang dan anggota DPRD melakukan kunjungan di daerah pilih (Dapil) wilayah masing-masing.

“Dan ini bagian terpenting menjama konsituen dengan tujuan menyerap aspirasi serta mengawasi program di wilayah masing-masing selama satu Minggu kedepan,” ujar Anto sapaan akrabnya.

Selaku anggota DPRD Bolmong, tentu agenda ini begitu sangat penting. Karena, reses dilaksanakan sebagai menyerap usulan atau aspirasi warga untuk menjadi pokok pikiran (Pokir) dari anggota DPRD, sebagai mekanisme penganggaran melalui APBD.

Tampak suasana reses anggota DPRD Kabupaten Bomong Febrianto Tangahu yang dihadiri masyarakat berbagai Desa di Kecamatan Lolayan. (foto.Yudi Paputungan).

“Apa yang menjadi aspirasi baik dari pemerintah desa hari ini, akan ditampung dan dibahas dalam rapat bersama lembaga DPRD nanti,” kata Anto.

Legislator muda ini berharap, untuk usulan yang masuk dalam skala prioritas di Musrembang, akan menjadi pokir DPRD bersama.

Selanjutnya, Anto mengungkapkan, berbagai usulan ini akan diparipurnakan dan dituangkan dalam pokir anggota DPRD nanti.

“Adanya pokir anggota DPRD, maka itu harus adanya reses,” jelasnya lagi, sembari menambahkan.

“Alhamdulillah, ada 26 pokir saya yang berhasil di akomodir oleh Pemda di beberapa desa,” ucap Anto.

Tampak anggota DPRD Kabupaten Bolmong Febrianto Tangahu, saat menanggapi berbagai usulan dan aspirasi masyarakat setempat. (foto. Yudi Paputungan).

Sebelumnya, Camat Lolayan Rivai Mokoagow mengatakan, selain menyerap aspirasi, forum ini juga merupakan agenda negara.

Untuk itu, Camat berharap, segala aspirasi dari masyarakat setempat hari ini, dapat bisa terkawal dan terwujud.

Adapun, penyerapan aspirasi yang disampaikan oleh beberapa perwakilan masyarakat setempat, mulai dari optimalisasi penguatan infrastruktur pembangunan jalan, pendidikan hingga kesehatan.

Warga setempat pun berharap, agar usulan yang disampaikan, dapat diperjuangkan dan terealisasi.

Agenda reses itu dihadiri, Polsek Lolayan, para Sangadi, anggota BPD, perang Desa, Toko Agama, Toko Perempuan, dan para Toko Pemuda Desa setempat.

(Advertorial)

 

Komentar