Satu – satunya di BMR, Pemkab Bolmong Terima Dana Insentif Fiskal 2023 dari Kementerian Keuangan

BNews, NASIONAL – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), ditetapkan salah satu daerah di Provinsi Sulawesi Utara dan satu-satunya di Bolaang Mongondow Raya (BMR) sebagai penerima Dana Insentif Fiskal periode III (tiga), melalui Keputusan Menteri Keuangan (KMK) Nomor 400 Tahun 2023.

Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sendiri, tercatat tiga daerah yang menerima insentif fiskal periode III yang terakhir di 2023 ini.

Selain Kabupaten Bolmong, dua diantaranya adalah Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dan Kabupaten Minahasa Utara (Minut).

Demikian melalui Kementerian Keuangan, alokasi insentif fiskal yang diberikan sebesar Rp340 Miliar.

Insentif Fiskal pun diperuntukan kepada pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota, sebagai apresiasi yang dinilai berhasil mengendalikan inflasi di daerah masing-masing.

Baca Juga :Klaim Kasus Stunting Alami Penurunan, Limi: Target Saya Selanjutnya Diangka Nol

Untuk Kabupaten Bolaang Mongondow sendiri menerima insentif fiskal senilai Rp9,18 Miliar, Kabupaten Minahasa Selatan Rp9,53 Miliar, sedangkan Kabupaten Minahasa Utara menerima Rp9,54 Miliar.

Demikian, tercantum dalam Surat Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 350 Tahun 2023 tentang Rincian Alokasi Insentif Kinerja Fiskal Tahun Berjalan dengan Kategori Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat pada Tahun Anggaran 2023 menurut Provinsi/Kabupaten/Kota.

Dikatakan, jika pencapaian ini adalah merupakan hasil dari empat kinerja unggulan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong.

Diantaranya, meliputi upaya penghapusan kemiskinan ekstrem, penurunan angka stunting, penggunaan produk dalam negeri, serta percepatan belanja daerah.

Atas capaian tersebut, sehingga Penjabat Bupati Bolmong Limi Mokodompit, menerima penghargaan tersebut yang diserahkan langsung Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani, di Jakarta, Senin 6 November 2023.

“Saya menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada masyarakat Kabupaten Bolmong yang telah memberikan dukungan. Begitu juga semua pihak birokrasi yang telah terlibat dan telah bekerja keras, sehingga kita berhasil mendapatkan penghargaan sekaligus dana Insentif Fiskal untuk daerah,” ucap Limi.

Baca Juga :Pengendalian Inflasi Prioritas, Limi Gencarkan Langkah Antisipatif Stabilkan Ekonomi Daerah

Capaian prestasi ini tentu menunjukkan komitmen dan kerja keras Bupati Limi Mokodompit dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memajukan daerah Bolaang Mongondow.

Untuk penerima insentif tersebut yaitu Provinsi Sulawesi Selatan, Provinsi Sulawesi Barat, dan Provinsi Gorontalo. Kemudian, Kota Subulussalam, Kota Tidore Kepulauan, Kota Sibolga, Kota Banjarbaru, Kota Pagar Alam, serta Kota Singkawang.

Adapun untuk kabupaten penerima Insentif Fiskal di antaranya, Kabupaten Kepulauan Morotai, Kabupaten Bangka Selatan, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Morowali, Kabupaten Paser, Kabupaten Sorong Selatan, Kabupaten Pohuwato, Kabupaten Banggai, Kabupaten Luwu, Kabupaten Bulungan, serta Kabupaten Boalemo.

Selanjutnya, Kabupaten Pohuwato, Kabupaten Aceh Singkil, Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Pulang Pisau, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Supiori, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Tabalong, Kabupaten Parigi Moutong, Kabupaten Bandung, Kabupaten Landak, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Pasaman.

Komentar