Bupati Limi Mokodompit Hadiri Musrenbang Tingkat Nasional di Jakarta

BNews, NASIONAL – Penjabat Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Ir Limi Mokodompit MM, menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas), yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Senin 6 Mei 2024.

Acara tingkat nasional yang dihadiri seluruh kepala daerah se Indonesia itu, secara resmi dibuka Presiden RI Joko Widodo.

Selain itu, turut hadir Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju.

Dengan tema “Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan”, Musrenbangnas ini pun bertujuan untuk membahas berbagai rencana pembangunan nasional.

Dalam pidatonya, Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi, mengajak para pejabat daerah untuk mengambil langkah konkret dalam perencanaan penyusunan fiskal dan anggaran yang lebih hati-hati.

Presiden RI dua periode ini meminta agar tidak ada satu rupiah pun yang meleset dari rencana yang telah disepakati dalam Musrenbangnas ini.

Jokowi juga menekankan, bahwa sinkronisasi antara program di daerah dan pemerintah pusat menjadi tantangan yang perlu diatasi.

Sehingga itu, ini juga sebagai tujuan untuk melakukan harmonisasi dan sinkronisasi program di daerah dan pemerintah pusat.

Menurut Jokowi, sinkronisasi ini sangat penting dan untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2025 harus mengacu pada prinsip tersebut.

Presiden juga menyebut bahwa Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional menetapkan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) sebagai lembaga yang bertanggung jawab dalam penyusunan RKP.

“Dengan adanya Musrenbangnas ini, diharapkan program pembangunan nasional untuk tahun-tahun mendatang dapat dilaksanakan dengan sinkronisasi yang baik antara pemerintah pusat dan daerah. Hal ini akan memastikan tercapainya pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan bagi seluruh rakyat Indonesia,” pungkas Jokowi. (*)

Komentar