Pengendalian Inflasi Prioritas, Limi Gencarkan Langkah Antisipatif Stabilkan Ekonomi Daerah

BNews, BOLMONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) melakukan langkah antisipatif lonjakan inflasi daerah. Bahkan, ini akan menjadi prioritas Bupati di 2023.

Ini pun dilakukan, sebagai tidak lanjut arahan Presiden Joko Widodo pada kegiatan rakornas kepala daerah dan forkopimda se Indonesia, dalam rangka penguatan pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi yang digelar beberapa waktu lalu di Jakarta.

Langkah antisipatif tersebut antara lain, menggelar operasi pasar atau sidak bersama satgas pangan.

Baca Juga:Limi Mokodompit Hadiri Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda, Ini Arahan Presiden Joko Widodo

Selain itu, melakukan intervensi harga dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, dengan melalui pasar murah.

Pemerintah daerah saat ini pun, terus bekerja maksimal dalam pengendalian inflasi. Termasuk pengendalian lonjakan harga pangan.

Maka, pemerintah daerah akan menggelar pasar murah dibeberapa titik, dengan tujuan mengendalikan lonjakan harga pangan.

Tak hanya itu. Bahkan kata Bupati, berbagai program terintegrasi dalam pengendalian dan penguatan ekonomi, terus dilakukan.

Baca Juga:BPS: Ekonomi Sulawesi Utara Tumbuh 5,42 Persen

“Misalnya, dengan cara memotivasi masyarakat dalam hal memberdayakan lahan – lahan kosong untuk digunakan dalam hal produktif,” ujar Limi, saat memimpin rakor terpadu pengendalian inflasi daerah, bertempat di ruang kerja Bupati Bolmong, Senin 6 Februari 2023.

Sehingga itu, rakor ini diharapkan dapat mengevaluasi berbagai hal penting untuk merumuskan langkah strategis pemerintah daerah dalam menjaga stabilitas harga, serta meningkatkan ketahanan pangan.

“Pada prinsipnya, untuk capaian dapat menjaga daya beli dan kesejahteraan masyarakat, khususnya di Bolmong,” ucap Limi.

Namun, lanjut Bupati, peran dan kontribusi berbagai pihak paling sangat penting.

“Dengan terus bersinergi dan bekerja sama dalam menjaga ketersediaan stock, kestabilan harga dan kelancaran distribusi komoditas, maka lonjakan inflasi bisa kita atasi bersama,” kata Bupati.

Baca Juga:Ini Rangkaian Perjalanan Haji Tahun 2023

Untuk itu, sangat perlu meningkatkan komunikasi yang efektif dari berbagai stakeholder dengan berbagai inovasi, serta terobosan.

“Tentu dengan tujuan, mengendalikan tingkat atau lonjakan inflasi di daerah, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bolmong,” tandasnya.

Ada pun rakor yang dipimpin langsung Bupati Limi Mokodompit, ikut dihadiri Ketua DPRD Bolmong, Pimpinan Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara, Kapolres Bolmong, Kapolres Kotamobagu, Dandim 1303 Bolmong, Ketua Pengadilan Kotamobagu dan Kepala Kejaksaan Kotamobagu.

Selain itu, Kepala BPS Bolmong, Kepala Cabang Bulog Sub Divre Bolmong, Asisten Administrasi Perekonomian, serta pimpinan OPD terkait.

Penulis : Wahyudy Paputungan

Komentar