Warga Desa Bilalang II Manfaatkan Buah Kemiri Jadi Peluang Usaha

BOLMONGNEWS.COM, KOTAMOBAGU—Sejumlah hasil komoditas pertanian diwilayah Kota Kotamobagu sangat menjanjikan untuk dikembangkan sebagai peluang usaha. Salah satunya buah kemiri.

Hal inilah yang dilakukan Alharis Pobela warga Desa Bilalang II Kecamatan Kotamobagu Utara. “Di desa kami ini kami banyak warga yang menanam pohon kemiri. Ini yang jadi alasan kenapa saya membuka usaha jual beli kemiri ini atau penampung,” kata Pobela.

Ia mengungkapkan awalnya hanya ingin coba saja. Namun, seiring berjalan waktu, ternyata bisnis tersebut cukup memberikan keuntungan. Bahkan setiap minggu ia mampu memasok hingga 200 kg biji kemiri yang siap dipasarkan lagi. “Untuk penjualannya kembali, kita sudah jalin kerjasama dengan salah satu pengepul kemiri di Kotamobagu,” ungkap Papa Nesa sapaan akrabnya.

Meski demikian, ia mengaku mendapat kendala pada usahanya itu. Yakni minimnya peralatan pendukung, seperti mesin pendingin serta belum tersedianya mesin pemecah kemiri. “Jadi kemiri yang kami beli dari para petani, dijemur dulu kemudian disimpan dalam frezeer selama satu hari. Agar nantinya ketika di giling dalam mesin pemecah, kemirinya tetap utuh,” katanya.

“Kedepan saya akan berusaha untuk kembali menambah freezer dan mesin pemecah kemiri, agar dapat menampung lebih banyak lagi,” tambahnya.(ewin)

Komentar