Wali Kota Berharap Peserta Latsar Jadi Contoh dan Duta ASN

BOLMONGNEWS.COM, KOTAMOBAGU–Sebanyak 232 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Kotamobagu formasi Tahun 2018, Senin (9/3) hari ini,  mulai mengikuti Pelatihan Dasar (Latsar) bertempat di gedung Yadika, Kopandakan 2.  Para peserta Latsar ini nantinya akan mengikuti Latsar selama 51 hari dengan sistem on-off campus.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Kotamobagu, Sarida Mokoginta mengatakan, peserta Latsar  terdiri dari CPNS Golongan II dan Golongan III. “Kegiatan pelatihan dasar dilaksanakan selama 51 hari atau 511 jam, sistem on-off campus. Peserta terdiri dari 151 orang perempuan dan 81 orang laki-laki. 195 golongan 3 dan 37 orang golongan 2. Sumber pembiayaan dari APBD Kota Kotamobagu Tahun 2020,” kata Sarida.

Sementara itu, Wali Kota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara, mengatakan bahwa Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai aparatur negara mempunyai peranan sangat besar dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan. Dimana figur PNS yang mampu memainkan peranan tersebut, adalah mereka yang memiliki kompetensi yang tercermin dari moral dan mental yang baik, profesional, serta sadar akan tanggung jawab sebagai pelayan masyarakat. “Selama mengikuti pelatihan dasar, CPNS akan dibina serta ditempa dalam rangka penanaman dan pembentukan sikap dan perilaku serta nilai-nilai etika, selaku aparatur pemerintah dan sebagai pelayan masyarakat. Termasuk juga penguatan kompetensi teknik dibidang tugas dan bela negara, yang diatur dalam peraturan lembaga administrasi negara Republik Indonesia nomor 12 tahun 2018 tentang pelatihan dasar PNS,” kata Wali Kota saat membuka Latsar tersebut.

Wali Kota juga mengingatkan, kepada 232 CPNS yang mengikuti Latsar untuk menjadi pelayan kepada masyarakat disegala bidang. “Saudara-saudara telah memilih untuk menjadi seorang pelayan masyarakat sebagai bidang pengabdian. Dengan demikian saudara-saudara harus dapat membangun semangat serta memiliki mental dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Ketika masuk kedalam ruang pengabdian senantiasa menjadi figur-figur yang merubah prilaku yang sudah ada. Karena didikan ini sangat penting. Angkatan 18 ini benar-benar sudah masuk di Diklat dengan zaman tekhnologi tinggi dan menjadi ASN sejati serta bisa mewarnai pemerintaha daerah Kota Kotamobagu,” ujar Wali Kota.

Wali Kota berharap,  para peserta mengikuti seluruh proses tahapan  Diklat dengan sungguh-sungguh, serta menaati seluruh peraturan dan tata tertib yang berlaku.

“Kepada Widyaswara para instruktur, agar kiranya seluruh peserta pendidikan dan pelatihan dasar ini diberikan pengetahuan dan wawasan, sebagaimana untuk menjadi seorang abdi negara dan pelayan masyarakat yang baik. Tanamkanlah pemahaman kepada peserta Diklatsar tentang apa yang dimaksud dengan Trimatra Pengabdian, yang menekankan pada tegaknya disiplin, kokohnya loyalitas, serta mantapnya profesionalisme. Sehingga para calon PNS yang mengikuti kegiatan ini akan menjadi aparatur pemerintahan yang sadar atas kewajibannya kepada daerah dan masyarakat,” harap Wali Kota.

“Jadi para peserta Latsar formasi Tahun 2018 ini, dapat menjadi contoh sekaligus duta ASN dalam mengklarifikasi berbagai persoalan yang menyimpang dari tugas dan fungsi ASN itu sendiri,” pungkas Wali Kota. (Ewin)

Komentar