Tatong Bara Sampaikan Permintaan Maaf di Rapat Paripurna Terakhir

BNews, KOTAMOBAGU – Wali Kota Tatong Bara bersama Wakil Wali Kota Nayodo Koerniawan menghadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Kotamobagu dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-16 Kota Kotamobagu, Selasa 23 Mei 2023.

Tatong Bara dalam sambutannya, menyampaikan berbagai hal terkait perkembangan, kemajuan dan pencapaian Kota Kotamobagu dalam kurun waktu 16 Tahun terakhir.

“Alhamdulillah, dalam perjalanannya selama 16 tahun terakhir, daerah baru yaitu Kota Kotamobagu terus mengalami kemajuan serta perkembangan yang sangat pesat,” ujar Tatong.

Kendati Indonesia, khususnya Kotamobagu baru saja menghadapi pandemi Covid-19 yang cukup panjang, namun laju pertumbuhan ekonomi masih mencatatkan pertumbuhannya diangka 4,22 persen di 2021 dan kemudian naik lagi menyentuh angka 5,15 persen di 2022.

Baca JugaWali Kota dan Wawali Ziarah ke Makam Mantan Wakil Gubernur dan Mantan Bupati

Selain itu, lanjut Wali Kota, meningkatnya kesejahteraan masyarakat, juga dapat dilihat dari terus menurunnya persentase penduduk miskin di Kota Kotamobagu.

Hal itu pun yang dikeluarkan BPS. Dimana pada 2022 persentase penduduk miskin di Kota Kotamobagu berada pada angka 5,19 persen, atau peringkat pertama daerah dengan persentase penduduk miskin terendah di Sulawesi Utara.

Sedangkan, dari sisi Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Kota Kotamobagu terus mengalami peningkatan.

Dimana 2020, IPM Kota kotamobagu berada pada angka 72,97, kemudian meningkat menjadi 73,47. Trend itu berlanjut di 2021 dan meningkat lagi menjadi 73,96 pada 2022.

Dikatakan, meningkatnya kualitas hidup dan kesehatan di kota kotamobagu, juga dapat dilihat dari meningkatnya Umur Harapan Hidup (UHH) dalam 3 tahun terakhir.

Baca JugaDidampingi Wawali, Wali Kota Resmi Buka Expo Kotamobagu Tahun 2023

Pada 2020 berada di angka 70,47 persen dan mencapai angka 70,60 di 2021, kemudian naik lagi menjadi 72,08 di 2022.

“Pemerintah dan masyarakat juga berhasil meraih berbagai prestasi yang membanggakan, yakni diantaranya diraihnya Opini WTP dari BPK selama 10 kali secara berturut – turut, beberapa kali meraih Piala Adipura, penghargaan Kota Layak Anak, bahkan hingga penghargaan Kota Layak Anak tingkat Nindya.

Kemudian beberapa kali meraih penghargaan sebagai Kota Peduli HAM, Penghargaan Perencanaan Pembangunan, BKN Award, APBD Award, serta masih banyak lagi berbagai prestasi dan penghargaan yang telah berhasil diraih, itu baik di tingkat Provinsi Sulawesi Utara, maupun di tingkat nasional,” sebut Wali Kota.

Wali Kota dua periode ini pun, ikut menyampaikan apresiasi yang setinggi – tingginya dan ucapan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada Gubernur Sulut, Wakil Gubernur, Forkompinda Provinsi Sulawesi Utara, Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara, serta segenap para pimpinan dan anggota DPRD Kotamobagu dan Forkopimda yang terus mendukung pelaksanaan pembangunan Kota Kotamobagu.

Baca JugaRangkaian Kegiatan HUT Kota Kotamobagu ke-16 Tahun Resmi Ditutup

”Tentu semua prestasi, capaian dan keberhasilan ini, merupakan hasil sinergitas, serta dukungan penuh dari Gubernur Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Steven Kandouw, serta seluruh elemen masyarakat yang terus bekerja seiring bersama berkontribusi besar dalam rangka menyukseskan pembangunan di Kota Kotamobagu,” ungkapnya.

Di selah-selah pidato, Wali Kota pun menyampaikan permintaan maaf jika selama menjalankan amanah, baik selama menjadi Wakil Ketua DPRD Kotamobagu, Wakil Wali maupun Wali Kota, masih terdapat kekurangan maupun hal – hal yang belum tercapai yang sesuai harapan masyarakat.

“Saya dan pak Wakil Wali Kota menyampaikan permohonan maaf yang mendalam, jika banyak kekurangan dan hal – hal yang belum tercapai,”tandasnya.

Kegiatan yang berlangsung di Gedung DPRD Kota Kotamobagu tersebut, juga dihadiri Kepala Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Provinsi Sulut Abdullah Mokoginta mewakili Gubernur Sulawesi Utara.

Selain itu, diikuti para pejabat TNI dan Polri, para pejabat dilingkungan Pemerintah Provinsi dan kabupaten / Kota se – Sulawesi Utara, Mantan Bupati Bolaang Mongondow Dra Hj Marlina Moha Siahaan, Mantan Wali Kota Kotamobagu, Drs H Djelantik Mokodompit, Mantan Wakil Wali Kota Kotamobagu Drs Jainuddin Damopolii, Para Asisten, Pimpinan OPD, para pimpinan Instansi Vertikal, Perbankan, perguruan tinggi, pimpinan organisasi pemuda, organisasi perempuan, tokoh masyarakat, dan ASN Dilingkungan Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu.

Reporter : Miranti Manangin

Komentar