RSUD Kotamobagu Tetap Tipe C, Yusrin: Target Tipe B

BOLMONGNEWS.COM, Kotamobagu
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kotamobagu dikabarkan tidak mengalami penurunan status dari Tipe C ke tipe D.

Hal ini setelah Pemkot mengajukan surat keberatan ke Direktorat Jendral (Dirjen) Kesehatan Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI beberapa waktu lalu.

“Alhamdulillah RSUD tidak mengalami penurunan tipe yang sebelumnya dari tipe C ke akan turun starus ke tipe D. Kami selaku pengelolah sangat bersyukur dengan hasil review kembali setelah kami mengajukan surat keberatan ke Dirjen Kesehatan. Kami memasukan data-data pembanding dan hasil itu sudah diumumkan kemarin,” ujar Kepala Bagian Tata Usaha RSUD Kotamobagu Yusrin Mantali.

Kedepan kata Yusrin, pihaknya terus meningkatkan pelayanan kesehatan dan melakukan rehabilitasi sarana dan prasaran rumah sakit. Bahkan, Yusrin menargatkan RSUD Kotamobagu bisa naik status ke Tipe B.

“Kita tidak hanya puas dengan kondisi yang ada sekarang tetapi kita akan melakukan rehabilitasi untuk rawat jalan, ruangan bedag, Instalasi Gawat Darurat (IGD), Itu bagian dari sarana dan prasarana rumah sakit. Nah, target kita Pemkot kotamobagu dibawah pemerintahan TBNK itu RSUD bisa naik status ke Tipe B,” ujarnya

Menurur Yusrin, untuk mempertahan Tipe C itu ada Empat dasar dari segi infrastruktur yang telah dipenuhi yakni, spesifikasian dan tempat penunjang, fasilitas dan kemampuan pelayanan medis, tempat spesialis standar serta spesialis penunjang.

“Nah itu sudah memenuhi syarat untuk RSUD Kotamobagu. Sedangkan untuk sarana itu sendiri diantaranya rawat jalan, IGD, Instalasi rawat inap, Instalasi perawatan intensif atau ICU, kebidanan dan penyakit kandungan, dan ada beberapa lagi itu sudah ada,” ungkapnya

Sedangkan lanjut Yusrin, untuk naik kelas dari tibe C ke B klasifikasinya tidak jauh berbeda, hanya ketambahan Delapan sarana penunjang serta pelayanan medis untuk spesialis dasar.

“Diantaranya ada radio diagnostik, ada radio terapi, kemudian kedokteran nuklir, itu adalah fasilitas penunjang untuk sarana bangunan Rumah sakit tipe B, itu yang kami targetkan,” pungkasnya. (*)

Komentar