Mesin ADM Belum Beroperasi, Berikut Penjelasan Disdukcapil Kotamobagu

BNews, KOTAMOBAGU – Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kotamobagu, saat ini belum beroperasi.

Hal ini pun ditanggapi Kepala Disdukcapil Kotamobagu Roi Paputungan.

Dikatakan, bahwa dalam waktu dekat Mesin ADM tersebut akan segera dioperasikan.

Ia menjelaskan, alasan belum dioperasikannya, karena saat ini pihaknya masih menunggu peralatan penunjang mesin dari Kemendagri.

Baca JugaKotamobagu Akan Punya Gerai Anjungan Disdukcapil Mandiri

“Sebelumnya peralatan mesin ini sudah ada, namun setelah diuji coba hasilnya belum maksimal, sehingga dikembalikan lagi untuk proses instal oleh pihak pelaksana yang ditunjuk Kemendagri dan alhamdulilah informasi baru yang kami peroleh, minggu ke dua Agustus alatnya sudah tiba lagi di Kotamobagu sehingga bisa segera dioperasikan,” jelas Roi, Jumat 28 Juli 2023.

Mesin ADM sendiri ditempatkan di halaman Kantor Wali Kota Kotamobagu.

Mesin ADM merupakan salah satu inovasi pelayanan publik Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri untuk memudahkan masyarakat dalam memproses dokumen kependudukan.

Roi menerangkan, melalui Mesin ADM, layanan pencetakan dokumen kependudukan bisa dilakukan secara mandiri oleh masyarakat dengan cepat, mudah dan yang pasti gratis.

Baca JugaTatong Bara Apresiasi Sertijab Wakapolres Kotamobagu

Bahkan ia membeberkan, jika Mesin ADM ini mampu mencetak sejumlah dokumen kependudukan.

“Diantaranya Kartu Keluarga (KK), KTP, Kartu Identitas Anak (KIA), Akte Perkawinan, Akte Kelahiran, Akte Kematian, Akte Perceraian dan Akte Pengangkatan,” sebutnya.

“Selain itu, Surat Keterangan Pindah, Surat Keterangan Pindah Luar Negeri dan lain-lain,” sambung Roi Paputungan.

Demikian, kata Roi, waktu pelayanan mesin ini pun sangat fleksibel.

“Jadi, pencetakan kebutuhan dokumen bisa dilakukan sewaktu-waktu, bahkan bisa di hari libur, serta tidak terikat wilayah administrasi,” pungkas Roi Paputungan.

Penulis : Miranty Manangin
Editor : Wahyudy Paputungan

Komentar