KLA 2023, Pemkot Kotamobagu Optimis Raih Predikat Utama

BNews, KOTAMOBAGU – Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara, mengikuti pelaksanaan kegiatan Verifikasi Lapangan Kota Layak Anak (KLA) 2023, Rabu 24 Mei 2023.

Dalam sambutannya, Wali Kota ikut menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Republik Indonesia (RI) dan Tim Verifikasi Lapangan KLA atas ditetapkannya Kotamobagu sebagai salah satu daerah di Indonesia pada penilaian KLA 2023 ini.

“Saya atas nama pribadi, pemerintah dan seluruh masyarakat menyampaikan ucapan terima kasih atas ditetapkannya Kota Kotamobagu, sebagai salah satu daerah di Indonesia pada penilaian KLA tahun ini,” ucapnya.

Tentunya, dalam penilaian ini, pemerintah daerah telah melaksanakan berbagai Inovasi dalam rangka untuk Perlindungan dan Pemenuhan Hak Anak di Kota Kotamobagu.

Baca JugaRangkaian Kegiatan HUT Kota Kotamobagu ke-16 Tahun Resmi Ditutup

“Sebagaimana diketahui bersama, berkat kerja keras bersama masyarakat, kita pada 2018 dan 2019 berhasil memperoleh penghargaan KLA dengan Predikat Pratama, kemudian di 2021 berhasil naik status dengan predikat Madya,” ungkap Wali Kota.

“Tren positif ini pun berlanjut setahun kemudian pada 2022, dengan kembali berhasil meraih penghargaan KLA dengan predikat Nindya,” sambungnya lagi.

Selanjutnya, Sekretaris Daerah Kotamobagu Sofyan Mokoginta menambahkan, saat ini masuk tahapan verifikasi lapangan.

“Jadi ada 5 kriteria penilaian yang diklarifikasi tim penilai. Termasuk sejauh mana implementasi yang dilakukan Pemkot, agar KLA ini terus berkelanjutan dan berkesinambungan,” imbuhnya.

Baca JugaTatong Bara Sampaikan Permintaan Maaf di Rapat Paripurna Terakhir

Kendati demikian, Sofyan berharap peran dan dukungan OPD terkait sangat penting dalam penilaian ini.

“Kotamobagu saat masuk kategori Nindya, harapannya Wali kota, daerah kita bisa kembali mendapat kategori KLA Utama,”tandasnya.

Kegiatan Verifikasi Lapangan KLA 2023 yang dilaksanakan secara Daring ini, dihadiri para Asisten, Pimpinan OPD serta Forum Anak Daerah (FAD) Kota Kotamobagu.

 

Reporter : Miranti Manangin
Editor     : Wahyudy Paputungan

Komentar