Pemkab Bolmut Komitmen Turunkan Angka Stunting

BNews, BOLMUT– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menggelar Rapat Tim Percepatan Penanganan Stunting (Aksi 2) yang bertempat di Aula Pohohimbunga Bapelitbang, Rabu, 24 Mei 2023.

Terpantau kegiatan ini dihadiri oleh Koordinator Regional Sulawesi Dirjen Bina Bangda Sam Patoro Larobu SH. MH, para Pimpinan OPD, Cmat serta Kepala Puskesmas se Kabupaten Bolmut.

Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmut dr. Jusnan C. Mokoginta, MARS, ikut membuka secara resmi kegiatan rakor tersebut.

Menurut Sekda, rakor inj merupakan koordinasi ,korvegensi lintas program atau lintas sektor dalam penanggulangan dan pencegahan Stunting (Rembuk Stunting).

Selain itu, rakor ini juga bentuk evaluasi atas analisis situasi yang sesuai peta wilayah yang di lihat saat ini.

“Pada pokoknya, saat ini kita melibatkan semua OPD dan stakeholder terkait, baik dari lintas sektor Keagamaan, BKMT bahkan dari insan pers yang bisa bekerjasama dengan baik dalam penurunan angka Stunting, khususnya di Kabupaten Bolmut,” terang Sekda.

Kendati angka Stunting di Bolmut masi tergolong baik, namun kata Jusnan, tetap harus diwaspadai. Jangan sampai lengah di akhir tahun.

“Jika sampai kita lengah, maka angka Stunting akan naik lagi di Kabupaten Bolmut,” kata Jusnan.

Ia berharap, agar semua pihak yang terkait dapat bekerja lebih keras lagi untuk menurunkan angka Stunting di Kabupaten Bolmut.

“Tentu terutama dalam sektor kesehatan perlu adanya penguatan di bidang sanitasi dan jambanisasi,” tandas Sekda.

 

Reporter : Muchtar L Harundja
Editor      : Wahyudy Paputungan

Komentar