Dinas Pertanian dan Peternakan Lakukan Pengawasan Kesehatan Hewan Qurban

KOTAMOBAGU—Jelang hari raya Idul Adha 1442 Hijriah, Dinas Pertanian dan Peternakan Kotamobagu terus memaksimalkan pengawasan kesehatan hewan Qurban.

Hal tersebut disampaikan Kepala Distankan melalui Kabid Peternakan Samsul Hidayat Lasena.

Ia mengaku terkait pengawasan kesehatan hewan Qurban, baik ternak sapi sudah dilakukan sejak beberapa hari yang lalu.

“Termasuk menyiapkan tim untuk melaksanakan pemantauan kantong-kantong ternak yang ada di seluruh wilayah Kota Kotamobagu, seperti pasar blante ternak sapi yang ada di Gogagoman dan pasar ternak kambing yang tersebar di sejumlah titik,” ungkapnya, Selasa (13/7).

Untuk mempermudah proses pemantauan kesehatan hewan qurban tersebut, ia juga mengaku telah melayangkan surat kepada seluruh lurah dan sangadi (Kepala desa/red).

“Kami juga sudah menyurat ke desa dan kelurahan yang ditandatangai sekda perihal permintaan data hewan qurban yang akan disembeli di masing-masing desa dan kelurahan, tujuannya agar mempermudah proses pemeriksaan kesehatan hewan yang akan disembeli pada hari raya qurban nanti. Jadi kami kantongi dulu data jumlah berapa hewan yang akan disembelih dan datanya itu kami tunggu paling lambat tanggal 19 Juli, sehari sebelum hari raya,” terangnya.

Lanjutnya, dalam pelaksaan pemeriksaan kesehatan hewan qurban juga melibatkan sejumlah unsur terkait.

“Selain di back-up dokter hewan, ada juga tim penyuluh di masing-masing wilayah yang akan membantu proses pemeriksaan hewan qurban nanti,” tandasnya.(*)

Komentar