Terkait Penyusunan RKPD, Pemkab Boltim Gelar Musrenbangda

BOLTIM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbangda), terkait Penyusunan Rancangan Akhir Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Boltim, Tahun Anggaran 2023.

Kegiatan ini berlangsung, di Aula lantai III Kantor Bupati, Selasa 29 Maret 2022.

Bupati Sam Sachrul Mamonto dalam sambutannya mengatakan, dalam penyusunan rancangan akhir RKPD Boltim tahun 2023, terdapat 3 (Tiga) metode pendekatan perencanaan, yang digunakan sekaligus.

“Penyelenggaraan musyawarah rencana pembangunan penyusunan rancangan akhir RKPD Boltim tahun 2023 ini, adalah bentuk proses perencanaan yang menggunakan 3 (Tiga) pendekatan perencanaan sekaligus, yaitu Partisipatif, Politis dan Tekhnokratis,” katanya.

Lanjutnya, proses perencanaan merupakan tanggung jawab bersama seluruh unsur, terutama Perangkat Daerah yang merupakan pelaku perencana awal penyusunan rancangan, sebagaimana tertuang dalam dokumen RKPD.

“Proses perencanaan merupakan bentuk tanggung jawab dari kita semua, termasuk warga masyarakat serta Perangkat Daerah, selaku perencana, pelaksanan dan evaluasi program kegiatan yang tertuang dalam RKPD Boltim tahun 2023 ini. Selaras, terpadu dan terjadi interkoneksi dengan arah kebijakan Daerah, Provinsi dan Pemerintah Pusat di Tahun 2023,” tambahnya.

Selain itu, Bupati pula mengucapkan ucapakan rasa terima kasih serta mengapresiasi atas keselarasan tanggung jawab dari seluruh unsur terkait perencanaan penyusunan dan perancangan dokumen RKPD ini.

“Untuk itu, saya menyampaikan terima kasih dan apresisasi kepada seluruh jajaran Pemkab Boltim, khususnya kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atas rekomendasi hasil analisa, memberikan saran dan pendapat berupa pokok-pokok pikiran DPRD, berdasarkan hasil reses atau penjaringan aspirasi masyarakat sebagai bahan perumusan kegiatan, lokasi kegiatan dan kelompok sasaran yang selaras dengan pencapaian sasaran pembangunan, yang sudah di input dalam Sistem Informasi Pemerintah Daerah atau SIPD,” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan, Wakil Bupati (Wabup), Kepala Kepolisian Resor (Kapolres), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Asisten III, Kepala Kecamatan dan Kepala Desa yang ada di Boltim.

(Gazali Potabuga)

Komentar