Pemkab Boltim Gelar Upacara Hari Kebangkitan Nasional

BOLTIM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menggelar upacara Hari Kebangkitan Nasional yang ke-113, dirangkaikan dengan apel Korpri, Kamis (20/05/2021).

Bupati Sam Sahrul Mamonto membacakan amanat Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G. Plate. Dimana didalamnya tertuang dasar-dasar Kebangkitan Nasional bagi Bangsa Indonesia, yang telah diletakkan oleh Budi Utomo pada 113 tahun lalu.

“Tiga hal penting yang di retas Budi Utomo, pertama cita-cita untuk memerdekakan cita-cita kemanusiaan; kedua, memajukan nusa dan bangsa; dan ketiga, mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat dimata dunia,” kata Bupati.

Lanjut Bupati, tiga hal di atas merupakan substansi makna kebangkitan nasional yang harus dipertahankan dan diaktualisasikan lintas generasi. Serta senantiasa diterapkan dalam kerangka dinamis sesuai konteks zamannya,” ujar Bupati.

“Pada era pra kemerdekaan kebangkitan nasional mampu menjadi ruh gerakan perlawanan terhadap hegemoni penjajah. Pasca kemerdekaan, kebangkitan nasional menjadi inspirasi pelaksanaan pembangunan bangsa menuju pengelolaan negara yang lebih demokratis, ” sambung Bupati.

Disamping itu, Bupati juga menyampaikan kepada seluruh peserta upacara agar kiranya agenda tersebut dapat dijadikan suatu wadah, guna mempererat tali persaudaraan.

“Saya menyadari bahwa dua bulan lebih kepemimpinan saya dan bapak Oskar Manopo, mungkin ada banyak kata yang sempat terucap yang tidak sesuai, ada kata-kata yang sempat menyingung bapak ibu. Melalui tempat ini, saya dan pak Oskar Manopo meminta maaf, Minal Aidin Wal faidzin, mohon maaf lahir batin,” ucap Bupati.

(Fichi)

Komentar