Dinsos Boltim Anggarkan Rp 12 Miliar Bangun 400 RTLH

BolmongNews.com, Boltim— Dalam rangka pengentasan kemiskinan di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Pemerintah Daerah (Pemda) telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 12 miliar untuk pembangunan 400 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dengan tipe permanen.

Kepala Dinas Sosial Boltim, Drs Rudi S Malah menuturkan, mulai tahun 2019 pembangunan RTLH tidak lagi diserahkan penuh kepada masyarakat.

Pembangunan RTLH akan ditangani langsung oleh pihak ketiga hingga bangunan RTLH tersebut siap diserahkan kepada penerima.

“Mengingat tahun – tahun sebelumnya banyak pembangunan RTLH tidak sesuai harapan pemda, maka masyarakat tidak lagi diizinkan untuk membangun sendiri. Kita serahkan penuh ke pihak ketiga hingga bangunan RTLH rampung dilakasanakan,” ungkap Rudi, sore tadi via telepon seluler.

Dia pun mengakui bahwa, penganggaran RTLH tahun ini memang mengalami peningkatan hingga mencapai Rp 30 juta untuk setiap unitnya. Hal itu dengan maksud pemda Boltim akan membangun RTLH dengan tipe permanen.

“Jelas tipe bangunan pasti beda sebab tahun lalu kita anggarkan Rp 17.5 juta setiap unit untuk bangunan semi permanen. Tahun ini kita bangun permanen karena itu anggarannya besar,” jelas Rudi.

Mengingat program ini menelan anggaran sangat besar, maka mekanisme program RTLH akan diserahkan kepada Unit Lelang Pengadaan (ULP) untuk dilakukan proses tender.

“Semua berkas penerima kita sudah serahkan ke ULP, kita tinggal menunggu proses tender diumumkan,” tutup Rudi. (Lee)

Komentar