Dinas Perikanan Siapkan Bantuan Motor Tempel dan  Perahu Bagi Nelayan

BolmongNews.com, Boltim— Dinas Pertanian Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), segera menyalurkan bantuan bagi para nelayan.

Kepala Dinas Pertanian, DR. Erna Mokodongan mengungkapkan, bantuan itu berupa 11 unit motor tempel 15 PK dan 6 unit perahu, yang direncanakan diserahkan oleh Bupati Boltim Sehan Salim Landjar SH kepada para kelompok nelayan Boltim.

“Pengadaannya saat ini tengah berproses, kemungkinan bantuan akan diserahkan pada pertengahan tahun ini,” ujar Erna, Rabu (15/5).

Erna mengungkapkan, untuk pengadaan bantuan bagi nelayan pihak Pemda telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 1 miliar. Dimana sumber penganggarannya dari Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2019.

“Untuk pengadaan motor tempel senilai Rp 380 juta sumber anggaran dari DAK, sedangkan pengadaan perahu senilai Rp 660 juta sumber dananya DAK,” ungkapnya.

Erna menjelaskan, pada tahun ini pihaknya juga menyiapkan pengadaan calon induk ikan seperti Ikan Nila dan Ikan hias bagi para pembudidaya di kecamatan Modayag. Tujuannya, agar para pembudidaya dapat melestarikan berbagai macam ikan sebagai salah satu ikon daerah Boltim.

“Untuk budidaya ikan hias kita peruntukan buat 5 kelompok budidaya, sedangkan budidaya ikan Nila terdapat 3 kelompok. Kita serahkan jika pengadaan tersebut sudah siap dibagikan,” jelasnya. (Lee)

Komentar