Pemkab Bolsel Gelar Musrenbang RKPD 2023

BOLSEL— Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Bolsel Tahun 2023. Selasa 08 Maret 2022.

Kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan Futsal Kompleks Perkantoran Panango tersebut dibuka langsung Wakil Bupati Bolsel Deddy Abdul Hamid, serta yang menghadiri secara Zoom Bupati Bolsel Hi. Iskandar Kamaru, SPt, juga Anggota DPR-RI Komisi V Hi. Herson Mayulu SIP.

Dalam sambutannya Deddy Abdul Hamid menjelaskan, RKPD adalah merupakan penjabaran dari dokumen perencanaan pembangunan jangka menengah daerah tahun 2021 sampai dengan tahun 2026.

RKPD tahun 2023 disusun berdasarkan orientasi proses melalui pendekatan partisipatif, demokratis, integratif, politis. Selain pendekatan tersebut penyusunan RKPD tahun 2023 juga dilaksanakan holistik.

“Serta kebijakan anggaran belanja berdasarkan pendekatan anggaran yang lebih fokus dengan kegiatan prioritas dan benar-benar bermanfaat yang dialokasikan dan bukan didasarkan tugas dan fungsi perangkat daerah,” kata Deddy.

Deddy mengingatkan kepada seluruh perangkat daerah, agar lebih serius dan benar-benar mencurahkan pikiran dan tenaga, dalam menyusun program yang benar-benar berdampak positif terhadap pembangunan daerah.

“Untuk para Sangadi selaku penanggung jawab di Desa berupaya sebaik mungkin bagaimana membangun desa sendiri,” kata Deddy.

Deddy menyebutkan bahwa prioritas pembangunan daerah Bolsel dalam RKPD tahun 2023 mengacu pada RKP nasional dan prioritas pembangunan Provinsi Sulut Tahun 2023, dimana menitikberatkan pada enam prioritas daerah.

Yakni, percepatan penanggulangan kemiskinan, percepatan peningkatan kualitas dan daya saing SDM, peningkatan sarana dan prasarana infrastruktur dan teknologi mulai dari desa hingga seluruh kecamatan, pengelolaan sumber daya alam dan kualitas lingkungan, serta mitigasi bencana, peningkatan kapasitas UMKM dan koperasi serta pemantapan tata kelola pemerintahan dan ketertiban dan keamanan.

Terpisah Bupati Bolsel Iskandar Kamaru melalui via Zoom menyampaikan ucapan rasa terimakasih kepada Herson Mayulu yang selama ini telah menopang berbagai usulan dari aspirasi masyarakat.

Banyak Program yang di kawal oleh H2M untuk masyarakat Sulut.

“Olehnya kita sangat bersyukur keterwakilan anggota DPR RI. Sehingga program-program kerakyatan kita bisa dikawal terkhusus Bolsel tercinta. Semoga bapak Herson Mayulu tetap diberi kekuatan serta kesehatan,” tutur Iskandar.

Komisi V DPR-RI Hi. Herson Mayulu (H2M) di tempat yang sama juga melalui via Zoom menyampaikan agar setiap SKPD dapat mengukur capaian  yang telah dicapai saat ini.

“Nantinya akan menjadi suatu tolak ukur untuk melangkah kedepan, apa kesalahannya dan apa-apa yang harus diperbaiki untuk lebih baik lagi,” kata H2M.

H2M yang juga mantan Bupati Bolsel 2 periode itu mengingatkan kembali kepada kepala SKPD, agar menjadikan Musrenbang RKPD ini untuk mengevaluasi sejauh mana hasil Musrenbang.

“Baik itu Musrenbang Desa, kecamatan yang sudah terakomodir di APBD tahun berjalan,” kata H2M.

Turut hadir unsur Forkopimda, perwakilan Kejari, DanPos TNI AL, Anggota DPRD, Sekda Marzanzius A. Ohy SSTP, MAP, para Asisten serta jajaran pimpinan Perangkat Daerah.

(Advetorial/Wawan Dentaw).

Komentar