Gelar Apel Pasukan Bersama Kapolres, Bupati Tegaskan Jaga Keamanan Jelang Pemilu

 

Apel pasukan yang digelar di halaman kantor Bupati Bolsel, Senin (25/3/2019).

BolmongNews.com, Bolsel—Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Iskandar Kamaru, Bersama Kapolres Bolaang Mongondow AKBP Gani F. Siahaan, S.IK, MH, Senin (25/3) Jadi Inspektur Upacara (Irup) Pada  Apel Gelar pasukan pengamanan Pada Pemilhan Legilatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) Tahun 2019.

Apel yang digelar di Lapangan  Perkantoran Panango  diikuti oleh Jajaran Koramil, Polsek, Pos AL, kepala Kemenag Bolsel, Linmas, Satpol PP, Dishup, Pimpinan OPD, dan ASN di Lingkup Pemkab Bolsel.

Bupati Bolsel dalam sambutaanya menyampaikan ucapan terimah kasih kepada semua pihak yang telah hadir dalam pelaksanaan apel yang digelar dalam rangka pengamanan pemilu.

Selain itu Bupati juga saat membacakan sambutan Menkopolhukam Republik Indonesia,  menegaskan kepada semua jajaran untuk tetap menjaga keamanan, dan ketertiban dalam menyongsong Pemilu 17 april 2019 nanti.

Pemilu serentak tahun 2019 merupakan pesta demokrasi Repubulik Indonesia yang akan menjadi tonggak sejarah, yakni yang dilaksanakan lima jenis pemilihan dalam waktu bersamaan. Yaitu Pemiihan Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota.

“Pemilu serentak kali ini menjadi warisan kebangsaan sekaligus menjadi sorotan dunia internasional, terkait apakah bangsa Indinesia mampu melaksanakan konsolidasi politik dengan demokratis dan berintegritas dalam rangka memilih pemimpin nasionalnya. Sukses tidaknya perhelatan politik ini sangat tergantung kepada semua pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung,” kata Bupati.

Tidak saja anggota partai politik yang dituntut taat dan patuh pada ketentuan yang ada, akan tetapi pihak penyelenggara pemilu, yakni; KPU, Bawaslu, dan DKPP wajib hukumnya menunjukan kinerja yang objektif dan tranaparan.

“Pengamanan pemilu bukan hanya tanggung jawab TNI, Polri, linmas. Tapi tanggung jawab kita semua,” tegas Bupati.

Sementara itu, Kapolres dalam sambutannya mengingatkan jajaran bahwa dalam mengamankan Pemilu 2019 adalah kewajiban dan tugas yang mulia bagi setiap insan, baik  TNI, Polri dan lainya.

“Untuk itu setiap personil perlu mewaspadai segala bentuk ancaman yang datang mengancam keamanan negara,” kata Kapolres.

Kapolres meminta untuk menjaga Tiga pilar yang terdiri dari Pemerintah, TNI, dan Polri agar tetap bersatu.

“Kalau tiga Pilar ini tidak bersatu negara ini bisa roboh dan tanggungjawab pemilu di tanggung tiga pilar ini,’ ujar Kapolres.

Kapolres meminta kepada jajarannya untun tetap solid. Serta menhilangkan sekat-sekat dan ego sektoral.

Diketahui, Acara ini juga dirangkaikan dengan penyerahan hibah mobil operasional dari Pemkab Bolsel ke Polres Bolmong yang diterima langsung Kapolres Gani Siahaan, sekaligus penandatangan berita acara serah terima mobil operasional, oleh Bupati dan Kapolres.

Turut hadir diacara ini Perwira Penghubung Kodim Bol Uki, Kepala Pos AL Bolsel, Ketua KPU, Bawaslu, dan pejabat di lingkup Bolsel. (Wawan Dentaw).

 

Komentar