Besok, 28 Sangadi Terpilih se Kabupaten Bolsel Dilantik

BOLSEL—Sebanyak 28 orang Sangadi (Kepala Desa) terpilih dari hasil Pemilihan Sangadi (Pilsang) pada 26 April 2021, di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) akan dilantik, Kamis (10/6/2021) besok.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Bolsel, Ekafri Van Gobel, mengatakan, sebelum pelantikan para Sangadi terpilih akan dilakukan rapid test terlebih dahulu.

“Sebelum masuk ruangan untuk dilantik dan diambil sumpah, para kepala desa terpilih terlebih dahulu di rapid test. Ini dilakukan untuk memutus mata rantai penularan Covid-19,” ujarnya.

Selain itu, tamu undangan kata Ekafri, juga akan dibatasi. Dimana para Sangadi yang akan dilantik hanya bisa membawa dua pendamping untuk masuk kedalam ruangan pelantikan.

“Pelantikan ini akan dibagi dua sesi, pertama penyerahan SK (Surat Keputusan) di gedung Bappeda dan sesi kedua pengambilan sumpah dan janji di gedung DPRD,” terangnya.

Ia berharap, setelah pelantikan dan mulai bertugas, para Sangadi terpilih bisa melakukan rekonsiliasi  kepada masyarakat, yang mungkin saat pemilihan ada perbedaan pandangan, dan sikap.

“Sangadi yang terpilih harus bisa menyesuaikan diri  dengan masyarakat Desa. Membangun sinergitas bersama masyarakat dan pemerintah, serta menjalankan tugas pemerintahan dan kemasyarakatan dengan transparan dan penuh tanggung jawab,” pungkasnya.

(Wawan Dentaw)

Komentar