Satkamling Diharapkan Jadi ‘Cooling System’ pada Pemilu 2024

BNews, BOLMUT – Bupati Depri Pontoh menjadi pembina Apel Satkamling, bertempat di Lapangan Sanika Satyawada Mapolres Bolmut, Boroko, Rabu 21 Juni 2023.

Dalam arahannya, Bupati dua periode ini berharap agar Satuan Keamanan Lingkungan atau Satkamling di Kabupaten Bolmut bisa menjadi Cooling System (Sistem Pendingin) menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Bahkan sambutan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Listyo Sigit Prabowo yang ikut dibacakan Bupati Bolmut Depri Pontoh mengatakan, Satkamling merupakan salah satu bentuk pengamanan swakarsa yang berada di bawah pembinaan Polri.

Baca JugaBangun Komitmen yang Utuh, Pemkab Bolmut Siapkan Renja di 2024

“Satkamling sebagai salah satu bentuk pengamanan swakarsa yamg telah diatur dalam pasal 3 ayat (1) huruf C Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Polri dalam pelaksanaan tugas, Polri dibantu oleh kepolisian khusus, PPNS dan bentuk-bentuk pengamanan Swakarsa,” sebutnya.

Sembari menambahkan, bahwa Polri juga telah menerbitkan Perpol Nomor 4 Tahun 2020 tentang pengamanan swakarsa sebagai landasan hukum dan penegasan tugas, serta tanggung jawab dalam penyelenggaraan kegiatan Satkamling.

“Saat ini Satkamling memiliki peran sentral dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas, terlebih kita akan menghadapi agenda nasional yaitu Pemilu dan pemilihan serentak 2024,” kata Bupati.

Baca JugaPemkot Kotamobagu Anggarkan 2 Miliar untuk Program Bantuan Anak Asuh Tahun 2023

Diakhir sambutannya, Depri Pontoh berharap, agar kehadiran satkamling harus betul-betul bisa menjadi Cooling System di lingkungan masing-masing.

“Jangan ada perpecahan, karena hanya perbedaan pilihan,” pungkasnya.

Diketahui, Apel Satkamling 2023 itu, dihadiri Kapolres beserta jajaran, perwakilan Kejaksaan, Pabung 1303, para Camat dan Kepala Desa atau Sangadi se Kabupaten Bolmut.

 

Reporter : Muchtar L Harundja
Editor     : Wahyudy Paputungan

Komentar