Kepala Kemenag Bolmut Gelar Bimbingan Penginputan Sertifikat Halal

BNews, BOLMUT – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) mengelar bimbingan penginputan pendaftaran 1 Juta Sertifikat Halal.

Kegiatan bimbingan penginputan pendaftaran 1 Juta Sertifikat Halal tersebut, bertempat di Kantor Kemenag Bolmut, Selasa 28 Maret 2023.

Diketahui kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh penyuluh agama dan pelaku usaha se kabupaten Bolmong Utara yang di bimbing oleh pendamping penginputan oleh Hj Mei Kosegeran dan Fatmawati.

Baca JugaDepri – Amin, Persembahkan UHC Awards 2023 untuk Bolmut

Kepala Kemenag Bolmut Idrus Sante dalam sambutanya mengatakan, kiranya agar kita semua bisa memperhatikan dengan baik cara- cara penginputan dan pengisian data pelaku usaha ini.

Sehingga, lanjutnya, kita tidak salah dalam mengisi from di Aplikasi.

“Semua peserta wajib memperhatikan cara pengimputan data agar tidak salah nantinya,” kata Idrus Sante.

Dikatakannya juga, secepat mungkin mendata dan mengisi semua pelaku usaha UMKM.

“Diupayakan para pelaku usaha di Bolmut ini sudah memiliki Sertifikat Halal sebelum kuotanya melebihi dari 1 Juta Sertifikat Halal se Indonesia,” katanya lagi.

Baca Juga: Kepala Kanwil Kemenag Sulut Tekankan Pentingnya Pelayanan kepada Masyarakat

Menurutnya, diperlukan penetapan target per masing-masing pendamping PPH selama 4 bulan, mulai dari Maret sampai Juni 2023. untuk Luar Jawa termasuk Sulawesi Utara sebanyak 80 SH/pendamping.Artinya setiap bulan ada target 20 SH/pendamping.

“Dan ini berdasarkan Surat edaran No.S-510/BD/Set.BD.I/KU.00/02/2023 tanggal 27 Februari 2023 perihal Penyampaian Target Sertifikasi Halal Skema Self Declare Tahun 2023, disampaikan bahwa dalam rangka percepatan pencapaian target 1 Juta Sertifikasi Halal 2023, BPJPH telah merekrut tenaga pendamping Proses Produk Halal (PPH) sebanyak 17.451 dari unsur penyuluh agama dan 1.302 guru/tenaga kependidikan Madrasah,” tandasnya.

Reporter : Muchtar L Harundja
Editor : Wahyudy Paputungan

Komentar