Tim Safari Ramadhan Pemerintah Asahan Kunjungi 204 Masjid dan Musholla

BNews, ASAHAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan melaksanakan Safari Ramadhan ke 204 Masjid atau Musholla di 25 Kecamatan se Kabupaten Asahan.

Pelaksanaan Safari Ramadhan ini akan berlangsung selama 4 hari kedepan, sejak dari 28-31 Maret 2023.

Bahkan, tim Safari Ramadhan ini akan menunaikan Sholat Isya dan Sholat Tarawih berjamaah di Masjid atau Musholla yang telah ditentukan.

Adapun di hari pertama pelaksanaan Safari Ramadhan, pada Selasa 28 Maret 2023, Tim safari Pemkab Asahan mengunjungi 50 Masjid di beberapa Kecamatan.

Tim ini pun dipimpin langsung Bupati Asahan H. Surya BSc dengan mengunjungi Masjid Al-Muhsinin, tepatnya di Dusun V Desa Teluk Dalam Kecamatan Teluk Dalam.

Baca JugaPemkab Asahan Serahkan Buku Tabungan Pinjaman Bergulir

Sedangkan Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar S Sos MSi, mengunjungi Musholla Al-Ikhlas, Dusun VIII Desa Sei Beluru, Kecamatan Meranti.

Tim yang dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Asahan Drs John Hardi Nasution MSi, mengunjungi Masjid Al-Hidayah, Dusun I Desa Pulau Maria, Kecamatan Teluk Dalam.

Bupati Asahan dalam sambutannya menyampaikan bahwa, setiap tahunnya di bulan Ramadhan, Pemkab Asahan secara rutin melaksanakan Safari Ramadhan di tiap Desa maupun Kelurahan yang ada di wilayah Kabupaten Asahan.

“Keberadaan rombongan Tim Safari Ramadhan di tengah-tengah jamaah ini, merupakan upaya untuk memupuk jalinan silaturahmi, antara Pemerintah (Umaro) dengan ulama maupun umat (masyarakat),” ucap Bupati.

Baca JugaBupati Asahan Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2022

Lanjutnya, kegiatan Safari Ramdhan pun juga merupakan langkah untuk membangun ukhuwah Islamiyah, sehingga diharapkan dapat terbangun hubungan yang harmonis antara umaro, ulama dan umat.

Oleh karena itu, kata Bupati, dirinya sangat berharap, agar di bulan Ramadahan kali ini bisa menjadi ajang perbaikan bagi kita semua, sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing.

Selain itu, di Bulan Ramadhan kali ini dapat pula menjadi jembatan silaturahmi untuk bertemu dan bertatap muka langsung dengan masyarakat. Tentu dengan harapan untuk meningkatkan kedekatan antara pemerintah dengan masyarakat.

Sementara, di tempat yang berbeda, tepatnya Musholla Al-Ikhlas Desa Sei Beluru Kecamatan Meranti, Wakil Bupati Asahan yang diwakili Sekretaris Diskominfo Kabupaten Asahan Arbin Ariadi Tanjung mengatakan, kegiatan Safari Ramadhan ini merupakan salah satu Aplikasi dari Visi dan Misi Pemkab Asahan, yaitu mewujudkan masyarakat Asahan sejahtera yang religius dan berkarakter.

Baca JugaDampak Serta Cara Mengatasi Limbah Industri yang Mengancam Kesehatan dan Lingkungan Hidup

“Untuk itu azas kebersamaan merupakan upaya yang dilakukan antara pemerintah dengan masyarakat, agar tetap selaras dan bersinergi,” terangnya, sembari menambahkan.

“Mari kita tetap menjaga persatuan dan kesatuan, jangan mudah terprovokasi dengan isu-isu yang dapat memecah belah persaudaraan dan silaturahim diantara sesama,” sambungnya lagi.

Terpisah, bertempat di Masjid Al-Hidayah Desa Pulau Maria, Kecamatan Teluk Dalam, Sekda Asahan mengajak, agar seluruh lapisan masyarakat, terlebih lagi saat ini tengah masuk tahun politik, maka dapat bersama-sama menjaga situasi dan kondisi wilayah masing-masing.

“Mari jaga wilayah tetap kondusif, serta tidak mudah terpancing dengan isu-isu yang menyesatkan,” ajak Sekda.

Baca JugaBahas Peluang Kerja ke Luar Negeri, DPRD Mitra Kunjungi BP2MI Sulut

Lanjutnya, ia juga berharap agar masyarakat untuk bisa meningkatkan semangat gotong royong, sehingga bisa terpupuk rasa kebersamaan, senasib dan sepenanggungan.

“Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing dan mari secara bersama-sama memelihara kerukunan hidup beragama dalam kehidupan bermasyarakat, baik antar sesama maupun dengan pemeluk agama lain, dalam bingkai NKRI yang kokoh dan kuat demi Kabupaten Asahan Sejahtera, Religius dan Berkarakter,” imbuhnya.

Sekadar informasi, dalam kunjungan di tiap Masjid oleh tim Safari Ramadhan Pemkab Asahan, juga ikut dirangkai dengan pemberian souvenir dan uang tunai kepada pengurus BKM Masjid.

Selain itu, sejumlah anak yatim dan kaum dhuafa juga ikut mendapat santunan dari Pemkab Asahan.

 

Reporter: Anggi Lubis
Editor      : Wahyudy Paputungan

Komentar