Bursa Inovasi Desa Kabupaten Bolmut Digelar

BolmongNews com,  Bolmut— Sebanyak 15 Desa di Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), ikut berpartisipasi dalam kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID), yang dilaksanakan oleh Tim Pelaksana Inovasi Desa,  Sabtu (3/8).

Pelaksanaan BID perdana Tahun 2019 di Kabupaten Bolmut ini, dibuka langsung Sekertaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), bertempat di gedung Tourism Information Centre di kawasan pantai batu pinagut Boroko.

Koordinator Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD), Kabupaten Bolmut, Resty Manangin S. HUT, mengatakan, pelaksanaan BID tersebut bertujuan untuk bertukar informasi yang inovatif, kemudian ditata di dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2020.

“Maksud dari pelaksanaan bursa pertukaran inovasi adalah menjembatani kebutuhan Pemerintah Desa akan solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau alternatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan inovatif,” kata Resty.

Resty juga berharap BID yang dilaksanakan itu mampu memunculkan solusi inovatif untuk menggunakan Dana Desa secara tepat.

“Melalui Program Inovasi Desa juga diharapkan dapat menjawab kebutuhan Desa-Desa terhadap layanan teknis yang berkualitas,” ujarnya,

“Selain itu juga dalam BID ini diharapkan ada kegiatan inovatif yang di replikasi yang ke depannya bisa menambah atau meningkatkan perekonomian masyarakat melalui penganggaran kegiatan Program Inovasi Desa. Setelah Kecamatan Kaidipang masih terdapat 5 Kecamatan lain di Bolmut yang akan melaksanakan BID,” tambahnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dinas PMD, Tim Inovasi Kabupaten (TIK), para Sangadi, BPD, Kader Pembangunan Manusia serta para Tenaga Ahli P3MD dan Pendamping Desa. (*)

Komentar