Wabup Yanny Jadi Irup di Peringatan Hadiknas

BolmongNews.com, Bolmong–Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Yanny Ronny Tuuk bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2019, bertempat di halaman Kantor Kantor Bupati Bolmong, Rabu (02/5/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Wabup Yanny membacakan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Mendikbud-RI) Muhadjir Effendy. Dalam Pidatonya, peringatan Hardiknas yang digelar setiap tanggal 2 Mei ini diambil dari hari kelahiran tokoh nasional sekaligus bapak pendidikan Ki Hajar Dewantara.

“Semoga Tuhan memberikan kedudukan yang mulia kepada arwah beliau selaku pejuang pendidikan,” ujarnya

Pada kesempatan itu juga, Yanny mengungkapkan, bangsa Indonesia baru saja berhasil melewati tahapan puncak perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) pada 17 April yang lalu. Dilihat dari sudut pandang pendidikan, dalam Pemilu harus terjadi proses pembelajaran bagi setiap warga negara terkait perubahan tingkah laku menuju kedewasaan.

“Dalam hal ini semakin dewasa dalam berdemokrasi. Perlu diketahui, terbentuknya warga negara demokratis merupakan tujuan terbentuknya pendidikan Nasional kita, sebagaimana yang tertera pada undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional,” ucapnya.

Lanjut, hal yang lumrah dalam kontestasi demokrasi, selalu meninggalkan jejak-jejak residual yang bisa menimbulkan keretakan bahkan perpecahan.

“Untuk itu dalam momentum seperti ini tanggung jawab Nasional kita sangat dipertaruhkan, yaitu dengan selalu menjaga aset vital bangsa yang tak ternilai harganya seperti tetap menjaga semangat kerukunan, persaudaraan dan persatuan,” katanya

Ia juga mengatakan, peserta didik kita saat ini didominasi Generasi Z, yang terlahir di era digital dan pesatnya teknologi. Dimana, semua informasi dan teknologi lebih mudah diserap secara cepat.

“Hal ini bisa dimanfaatkan oleh guru di setiap sekolah. Yaitu dengan menerapkan pendidikan berbasis teknologi digital dengan sentuhan budaya indonesia melalui Tri Pusat Pendidikan, keluarga, sekolah, dan masyarakat,” jelas Yanny

Di akhir sambutan, secara simbolis Wabup Yanny turut pula memberikan penghargaan sebagai salah satu bentuk terima kasih Pemkab Bolmong kepada Setiap Kepala sekolah (Kepsek) beserta tenaga pendidik SD dan SMP se-Bolmong yang berprestasi, beserta santunan kepada siswa-siswi berprestasi.

Turut hadir saat upacara peringatan tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Tahlis Gallang, Kepala Dinas Pendidikan Renti Mokoginta, para tenaga pendidik SD-SMP, dan Kepsek se- Bolmong.(Viko)

Komentar