Tradisi Mandi Shafar Bakal Dikemas Dalam Bentuk Even Budaya

BNews, BOLMONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) bakal memastikan event tahunan Mandi Shafar akan digelar melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Bolmong.

Agenda event tahunan ini akan berkolaborasi dengan Pemerintah Desa Babo, Kecamatan Sangtombolang.

Kegiatan event tahunan itu akan dipusatkan di Pantai Desa Babo, Kecamatan Sangtombolang, Kabupaten Bolmong itu sendiri.

Hal ini ikut dikatakan Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Bolmong Linda Mashoeri.

Kepada Bolmong.News, Linda Mashoeri menyampaikan, sebenaranya kegiatan Mandi Shafar itu hanya secara intern warga Desa Babo saja.

Namun, kata Linda, karena sudah merupakan agenda tahunan atau tradisi warga Desa Babo setempat, sehingga akan dikemas seperti event budaya.

“Mudah-mudahan ada dana, maka kita akan buat even budaya tahunan Mandi Shafar di Desa Babo. Dan ini dibuat semenarik mungkin,” ujar Linda, Jumat 30 September 2022, di ruang kerjanya.

Linda menilai, Mandi Shafar tersebut, jika ditata dengan baik maka tentu akan mengangkat nama Kabupaten Bolaang Mongodnow dari segi budaya.

“Jadi bukan destinasinya, namun dari segi budaya,” jelasnya.

Ini sangat penting dilestarikan dan akan terus diupayakan.

“Budaya warga Desa Babo yang dilestarikan dari tahun ke tahunan sangat begitu penting dan ini akan terus kita dorong,” sebutnya.

Lanjut Linda, memang tradisi Mandi Shafar Desa Babo bukan hanya di Kabupaten Bolmong saja, namun di daerah lain juga dilakukan.

Namun, daerah Bolaang Mongondow ini akan dikemas secara budaya.

“Jadi diingat lagi, Mandi Safar akan kita kemas secara event budaya tahunan, ” katanya.

“Pada pokoknya akan dikolaborasi dengan Pemerinah Desa Babo,” sambungnya lagi.

Tentu ini dengan harapan, jika menjadi buming atau dikenal oleh wisatawan dari luar daerah.

“Tentu jika ini dlakukan kita bisa mengundang wisata dari luar untuk melihat langsung. Karena bisa saja atau mungkin Mandi Shafar dari daeral luar lain berbeda dengan yang ada di Desa Babo, sehingga akan dikunjungi wisata dari luar,” tukasnya.

Sebelumnya, Bupati Bolmong Limi Mokodompit saat menghadiri tradisi Mandi Shafar warga Desa Babo, di Pantai Babo, Kecamatan Sangtombolang, berharap agar dibuat semenarik mungkin kegiatan tersebut dengan tujuan menarik wisatawan luar dearah.

 

Reporter: Wahyudy Paputungan

Komentar