Siap-Siap Vaksinasi Ibu Hamil, Dinkes Bolmong Mulai Lakukan Pendataan

BOLMONG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) mulai merancang persiapan vaksinasi tahap pertama bagi Ibu Hamil di Bolmong.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolmong dr Erman Paputungan, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Yusuf Detu menuturkan, saat ini dalam proses pendataan jumlah ibu hamil.

“Kita sudah mengintruksikan tiap Puskesmas wilayah, untuk melakukan pendataan jumlah ibu hamil,” tutur yusuf saat dihubungi Bolmong.news, Selasa (24/8).

Ia menyebutkan, adapun syarat vaksinansi ibu hamil usia kehamilannya itu adalah 14 hingga 33 minggu saja.

“Vaksinasi bagi ibu hamil tentu sangat penting untuk mengurangi resiko memburuk bila ibu hamil terpapar covid-19,” sebutnya.

Lanjut dia, jika jumlah data ibu hamil yang ada di Bolmong sudah rampung, selanjutnya hasil itu akan dilaporkan ke Dinkes Provinsi Sulut untuk bisa menentukan jumlah kuota dosis vaksin yang akan disalurkan.

Vaksinasi ibu hamil ini, terang Yusuf akan disosialisasikan juga ke masyarakat.

“Vaksinasi sudah disediakan oleh pemerintah, mulai dari tahap pertama dan dua. Edukasi sangat dibutuhkan ditengah-tengah masyarakat agar program ini berjalan masksimal,” pungkasnya.

(Yudi Paputungan)

Komentar