Pemkab Bolmong Mantapkan Persiapkan Pilsang Serentak

BOLMONG – Jelang Pemilihan Sangadi (Pilsang) serentak atau Kepala Desa (Kades), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) mulai memantapkan persiapan panitia tingkat desa.

Peningkatan atau pemantapan tersebut, dilakukan oleh panitia tingka kabupaten dengan tujuan mensuksesan jalannya pesta demokrasi di 96 desa dari 200 desa yang akan menggelar Pilsang serentak Bolmong 2022.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bolmong melalui Kepala Bidang Pemerintahan Desa Isnaidi Mamonto mengungkapkan, pihaknya sudah sepekan melaksanakan penguatan kepada panitia Pilsang tingkat desa, baik itu Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

“Iya, seminggu kita laksanakan penguatan terhadap panitia pemilihan tingkat desa dan langsung di setiap kecamatan,” ungkap Isnaidi kepada Bolmong.news, Jumat (12/11).

Lanjut dia, artinya panitia tingkat desa sebelumnya telah menerima pembekalan Bimbingan Teknis (Bimtek) langsung dari Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong.

“Sehingga itu, kita lakukan penguatan panitia Pilsang tingkat desa untuk memperkuat pemahaman terkait pelaksanaan di lapangan nanti,” jelasnya.

“Pada prinsipnya ini untuk memperkuat pemahaman terkait teknis penyelenggaraan Pilsang, maka dilakukan penguatan tiap kecamatan dengan tatap muka langsung,” imbuhnya.

Sebelumnya, dalam  Bimtek yang di gelar Dinas PMD Bolmong secara virtual beberapa waktu lalu, Sekda Bolmong Tahlis Gallang menegaskan agar panitia Pilsang dapat tetap menjaga profesional kerja dan menunjukan kepada para calon maupun  masyarakat, bahwa panitia penyelenggara  netral dan tidak memihak kepada calon.

“Saya minta panitia dapat laksanakan tahapan Pilsang sesuai dengan aturan yang ditentukan oleh pemerintah. Jangan ada yang dilangkahi dan dibijaksanai. Agar tidak ada celah bagi mereka untuk ruang gugatan hingga PTUN,” tegas Sekda.

 

(Yudi Paputungan)

Komentar