Pemkab Bolmong Ketambahan DAK Rp 43 Miliar

BOLMONG Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) kecipratan Dana Alokasi Khsus (DAK) yang sangat fantastis di Tahun 2022.

Tak main-main pemerintah pusat mengkucurkan DAK untuk Pemkab Bolmong sebesar Rp 113 Miliar.

BACA JUGA: Wali Kota Kotamobagu Tandatangani PKS Terkait Penyaluran BOS Non Tunai

DAK kali ini bertambah, dibandingkan tahun 2021 lalu. Dimana Pemkab Bolmong hanya menerima DAK sebesar Rp 70 Miliar.

Menurut Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Bolmong Seriyanto, DAK yang diterima Pemkab Bolmong tahun ini, terbilang besar dibanding tahun 2021.

“DAK yang diterima Pemkab Bolmong tahun ini lebih besar dari tahun sebelumnya. Tahun 2021 lalu, Pemkab Bolmong mendapat Rp70 miliar, tahun ini ketambahan Rp 43 miliar, sehingga total mencapai Rp 113 Miliar,” ungkap Seriyanto.

“Tentu ini ketambahan yang cukup fantastis,” sambung Seriyanto, usai pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Evaluasi dan Pelaporan DAK tahun 2021 dan sosialisasi DAK tahun 2022, di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kotamobagu, Senin, 10 Januari 2022.

Seriyanto menyebutkan, naiknya DAK tahun 2022, juga karena ada ketambahan 3 Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“OPD tersebut yakni Dinas Lingkungan Hidup (DKH), Dinas Perpustakaan dan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP),” sebut Seriyanto.

Seriyanto berharap, agar dalam syarat penyaluran DAK tahun 2022 dapat lebih cepat dari tahun-tahun sebelumnya, dan perlu ada pelaporan setelahnya.

(Yudi Paputungan) 

Komentar