36 Calon Paskibraka Kotamobagu Akan Jalani Latihan

BNews, KOTAMOBAGU —¬†Setelah diumumkan beberapa waktu lalu, 36 orang calon pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) tingkat Kota Kotamobagu, akan menjalani pemusatan latihan.

Kabid Ideologi dan Wasbang Badan Kesbangpol Kota Kotamobagu, Sunarti Paputungan, mengatakan pemusatan latihan akan berlangsung kurang lebih satu bulan.

“Pemusatan latihan insya allah dimulai pada bulan Juli,” katanya, Senin (5/6/2023).

Dikatakanya, tanggal kapan dimulainya pemusatan latihan masih akan dirapatkan oleh panitia.

“Nanti sebentar panitia rapat, jadi waktunya belum tahu pasti,” ungkapnya.

Untuk diketahui, berdasarkan Perpres Nomor 51 tahun 2022, pembentukan Paskibraka tidak sebatas bertugas pada peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI, tetapi menjadi suatu program pengkaderan calon pemimpin bangsa yang berkarakter Pancasila.

Dimana, sistem pembinaan dalam pemusatan pendidikan dan pelatihan terdiri dari pembelajaran aktif ideologi Pancasila dan pemantapan nilai wawasan kebangsaan. Mulai dari pelatihan kepemimpinan, baris-berbaris hingga pengasuhan untuk membentuk generasi yang tangguh, mandiri, dan berkarakter Pancasila.

Melalui pola pembinaan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai kebangsaan sehingga Paskibraka siap menjadi calon pemimpin bangsa masa depan yang memiliki jiwa nasionalisme dan berjiwa Pancasila.

Reporter: Miranty Manangin

Komentar