Kemenag Bolmong Gelar Dialog Penguatan Moderasi Beragama bersama Tokoh Umat Hindu

BOLMONG – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bоlaang Mоngondow (Bolmong) menggelar Dialog Kerukunan Intern Umat Beragama dan Penguatan Moderasi Beragama Tahun 2021.

Diketahui, dialog ini diikuti semua tokoh agama umat Hindu di Kabupaten Bоlmоng, mulai dari perwakilan tokoh agama, Pinandita, Pengurus Lembaga PHDI, WHDI, Peradah, dan Penyuluh Non PNS.

Kemudian dalam kegiatan ini, ikut menghadirkan dua pemateri, diantaranya Kepala Kantor Kemenag Bolmong Shabri Makmur Bora dan Penyelenggara Hindu, I Made Wida.

Pada kesempatan itu, Kepala Kemenag Bolmong Shabri Makmur Bora menyampaikan, moderasi beragama adalah program utama yang digaungkan Kemenag saat ini.

“Sehingga perlu diingat yang dimoderasi adalah pandangan dan cara beragama, bukan ajaran agamanya,” kata Shabri Makmur, Selasa (28/12).

Lanjut Shabri Makmur Bora, dirinya sangat mengapresiasi kinerja tokoh agama Hindu, Penyuluh, dan lembaga agama serta organisasi Hindu, dalam menjaga kerukunan di Kabupaten Bolmong.

“Nyaris tidak ada konflik internal selama ini,” ujarnya, sembari menambahkan.

“Tugas anda menjaga kerukunan, memberi informasi yang benar terhadap umat, agar tidak terjadi kegaduhan yang mengganggu keharmonisan hubungan inter dan antar umat beragama,” imbuhnya.

Shabri Makmur Bora sendiri mengaku, dimana tugas penyuluh atau Non PNS akan lebih berat kedepannya.

Menurutnya, hal ini juga menjadi contoh dan teladan dalam mempererat kerukunan.

Sementara itu, Penyelenggara Hindu I Made Wida berharap, kegiatan ini dapat memberi dampak yang lebih baik dalam meningkatkan toleransi, kerukunan dan moderasi beragama di internal umat Hindu di Kabupaten Bolmong.

“Sehingga itu, mari kita bersama-sama saling menerima perbedaan pandangan, sepanjang masih dalam visi dan misi yang sama,” pungkasnya.

 

(Yudi Paputungan)

Komentar