Kegiatan Investasi PT Kimong Dipercepat, BKPM Pekan Ini Akan Berkunjung ke Bolmong

BOLMONG – Seriusi percepatan investasi PT Kawasan Industri Bolaang Mongondow (Kimong), Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia (RI), rencananya pekan ini akan berkunjung di Kabupaten Bolmong, Senin (4/10).

Diketahui dalam kunjungan yang direncanakan Rabu (6/10), merupakan tindaklanjut dalam percepatan kegiatan investasi PT Kimong di Kabupaten Bolmong.

Hal tersebut pun terungkap, saat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong, menggelar video conference (vidcon) dengan Kementerian Investasi/BKPM RI bersama jajaran direksi PT Kimong, di pelataran Kantor Bupati Bolmong.

Dikatakan, Direktur Jenderal (Dirjend) Tata Ruang Abdul Kamarzuki, prinsipnya rencana investasi Kimong, sebagai tujuan dalam mendukung pembangunan di Bolmong.

“Namun, untuk percepatan investasi PT Kimong di Bolmong ini, kita akan pelajari dulu tata ruangnya. Selanjutnya akan didapat seperti apa nanti kedepannya,” kata Abdul.

Dirinya juga meminta kepada PT Kimong untuk dapat melakukan pengajuan langsung dari perusahaan.

“Jika usulan perusahaan sudah masuk, kita akan lakukan kajian teknisnya,” tutur Dirjend.

Mewakili Kepala Kementerian Investasi/BKPM, Imam Soejoedi Direktur Promosi Sektoral BKPM menyampaikan, untuk proses perizinan PT Kimong pihaknya siap membantu dan memfasilitasinya.

“Bapak Menteri Investasi/BKPM telah memerintahkan untuk membantu dan memfasilitasi, serta menyelesaikan proses perizinan PT Kimong,” ungkap Imam.

Selanjutnya, Direktur PT Kimong Ervan Hadinugorho dalam rapat secara virtual itu mengungkapkan, pada prinsipnya prospek PT Kimong di Kabupaten Bolmong begitu sangat besar. Terlebih, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara saat ini begitu sangat mendukung Kimong di Bolmong.

“Bolmong lokasinya sangat strategis. Ada pelabuhan dan bandara,” ujarnya.

Adapun usulan yang diminta Dirjend Tata Ruang kepada PT Kimong, segera akan ditindaklanjut.

“Untuk tata ruang kawasan PT Kimong, segera kita mengajukan kepada Dirjend Tata Ruang,” jelasnya.

Secara virtual, rapat tersebut turut dihadiri, Kepala Dinas PTSP Bolmong, Kepala Dinas PU, Sekretaris Bapedda Bolmong beserta jajaran instansi terkait.

 

(Yudi Paputungan)

Komentar