Gelar Reses di Dapil, Mohammad Syahrudin Mokoagow Siap Kawal Aspirasi Masyarakat

BOLMONG – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Mohammad Syahrudin Mokoagow SPdi MAP, menggelar reses Masa Sidang I Tahun 2022, di Dapil enam, Desa Toraut Tengah, Kecamatan Dumoga Barat, Selasa, 1 Maret 2022.

Dalam reses kali ini, Mohammad Syahrudin Mokoagow yang merupakan fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, banyak menerima berbagai aspirasi masyarakat setempat.

Legislator muda ini menyampaikan, reses merupakan bagian dari agenda rutin Wakil Rakyat yang sudah diatur dalam peraturan.

Tmpak suasana Reses di Desa Toraut Tengah, Kecamatan Dumoga Barat, Selasa, 1 Maret 2022. (foto.Yudi Paputungan).

Reses dilaksanakan sebagai menyerap usulan atau aspirasi warga daerah pemilihannya, untuk menjadi pokok pikiran (Pokir) dari anggota DPRD sebagai mekanisme penganggaran melalui APBD.

Sehingga, apa yang menjadi aspirasi baik dari pemerintah desa hari ini, akan ditampung dan dibahas dalam rapat bersama lembaga DPRD.

“Selain pulang kampung, ini merupakan salah satu mekanisme yang diatur untuk menyerap aspirasi publik,” ucap Mat, sapaan akrabnnya.

Muhammad Syahrudin Mokoagow pun berharap, usulan yang masuk dalam skala prioritas dalam Musrembang kemarin, akan menjadi pokir DPRD bersama.

Mohammad Syahrudin Mokoagow, saat diaolog bersama terkait usulan-usulan aspirasi masyarakat setempat, di Desa Toraut Tengah, Kecamatan Dumoga Barat, Selasa, 1 Maret 2022. (foto.Yudi Paputungan).

“Ruang reses adalah ruang perencanaan. Salah satu sistem untuk menyerap aspirasi msyarakat setempat. Sehingga, hasil reses hari ini, akan kita tindak lanjuti di lembaga legislatif nanti yang dituangkan dalam pokir anggota DPRD,” jelasnya.

Mohammad Syahrudin Mokoagow yang juga anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Bolmong ini berharap, apa yang menjadi skala prioritas yang menjadi aspirasi masyarakat setempat, mudah-mudahan dapat dikawal bersama.

Karena, mekanisme usulan yang masuk dalam skala prioritas, ada alur penganggarannya.

“Maka dari itu, semua aspirasi masyarakat yang telah saya serap melalui reses ini, akan saya tampung dan saya usulkan supaya bisa terealisasi sesuai keinginan yang diharapkan oleh masyarakat,” harap Mohammad Syahrudin Mokoagow.

Tampak Camat Dumoga Barat Malpin Dako, saat menyampaikan harapan selaku pemerintah setempat pada kegiatan Reses DPRD Bolmog, Desa Toraut Tengah, Kecamatan Dumoga Barat, Selasa, 1 Maret 2022. (foto. Yudi Paputungan).

Dalam kesempatan yang sama Camat Dumoga Barat Malpin Dako ikut berharap, agar kegiatan ini dapa membawa aspirasi masyarakat setempat.

Menurutnya, ia merasa bangga dengan adanya reses anggota DPRD ini.

“Karena kita membutuhkan pokir dari anggota DPRD, terlebih pada pelaksanaan Musrembang,” ucapnya, sembari menambahkan.

Sehingga, mari kita manfaatkan bersama kegiatan ini, karena anggota DPRD yang akan mengawal segala aspirasi yang ada. Apalagi anggaran saat ini terbatas dengan adanya covid-19.

Foto bersama Mohammad Syahrudin Mokoagow, Camat, para Sangadi dan Babinsa TNI AD, di kegiatan Reses, Desa Toraut Tengah, Kecamatan Dumoga Barat, Selasa, 1 Maret 2022. (foto.Yudi Paputngan).

“Saya pun berharap aspirasi yang ada dapat di kawal dengan sepenuhnya,” harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Muhammad Syahrudin Mokoagow, langsung membuka dialog bersama dan ikut mendengarkan setiap penyampaian usulan dari masing-masing kepala desa, kepala puskesmas dan kepala sekolah yang hadir, terkait setiap usulan yang masuk dalam skala prioritas, pada saat kegiatan Musrenbang tingkat kecamatan yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong.

Dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan (Prokes), hadiri dalam kegiatan reses, Camat Dumoga Barat Malpin Dako, unsur Forkopimca, Kepala Desa, Kepala Puskesmas, Kepala Sekolah, para perangkat desa serta tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda serta masyarakat setempat.

 

(Advetorial)

 

Komentar