Dinas Kominfo Bolmong Sosialisasikan Tata Kelola Data Statistik Sektoral

BOLMONG Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), menggelar sosialisasi tata kelola data statistik sektoral, di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Kamis, (9/12).

Dibuka Asisten III Bidang Administrasi Umum Ashari Sugeha, kegiatan sosialisasi turut dihadiri para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yang digelar di ruang rapat Dinas Kominfo Bolmong.

Tampak suasana rapat sosialisasi tata kelola data statistik sektoral, di ruang rapat Dinas Kominfo Bolmong.

Dalam kesempatan tersebut, Ashari Sugeha mengatakan, Dinas Kominfo, sebagai wali data dan badan pusat statistik Pemkab Bolmong.

Selain itu, Kominfo Bolmong merupakan pembina dan penyedia official statistik yang harus dapat memberikan data faktual di lapangan, secara objektif dan akurat, dengan metodologi yang sudah baku.

“Data sektoral memberikan informasi tambahan dari kegiatan statistik yang telah dilakukan oleh OPD,” ujar Ashari.

“Sehingga, saat ketika OPD mengeluarkan suatu data, maka data statistik sektoral memaparkan sebuah info tambahan dari data itu, mulai dari tentang apa, waktu pembuatannya kapan dan konsep definisi yang digunakan apa,” sambungnya.

Suasana rapat sosialisasi tata kelola data statistik sektoral, sekaligus pemaparan data statistik.

Disini Asisten III Ashari Sugeha menegaskan, masalah data tentu sangat penting dan menjadi salah satu indikator dalam penentuan keberhasilan dari OPD itu sendiri.

“Khususnya dalam pengumpulan data. Berhasil tidaknya laporan, nantinya tergantung dari data yang ada,” tegas Ashari.

Pada sosialisasi itu juga, Dinas Kominfo Bolmong menghadirkan Narasumber yakni BPS Sulut Asim Saputra.

Selanjutnya, Asim memaparkan, terkait satu data nasional terdapat empat peran.

“Pertama, BPS sebagai pembina data, kemudian Bappeda sebagai koordinator data, dan terakhir Dinas Kominfo sebagai wali data dan keempat  OPD sebagai produsen data,” sebutnya.

Tampak peserta rapat sosialisasi tata kelola data statistik sektoral, ikut menyimak pemaparan tim BPS terkait data statistik.

Tentu, lanjut Asim memaparkan, pada setiap produsen data, minimal menghasilkan satu data yang memiliki  kontribusi pada pencapaian indikator kinerja utama OPD.

“Sehingga itu, peran Bappeda dan Dinas Kominfo tidak bisa dipisahkan,” imbuh Asim.

Disamping itu, Kepala Dinas Kominfo Bolmong Marief Mokodompit, melalui Kepala Bidang Persandian dan statistik Imran Paputungan menyampaikan, adapun tujuan sosialisasi, untuk meningkatkan pemahaman unsur pejabat teknis dalam mengelola data dan informasi di lingkungan Pemkab Bolmong, sebagai implementasi forum data.

“Selain itu, dapat dilaksanakan sesuai dengan peraturan yang berlaku sesuai peran masing-masing,” pungkas Imran.

 

(Advetorial)

Komentar