Buka Penerimaan Siswa Baru, Berikut Keunggulan dan Fasilitas Yang Ada di MAKN Bolmong

BOLMONG – Penerimaan siswa dan siswi baru di Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN) Kabupaten Bolaang Mongondow ( Bоlmоng ), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) telah dimulai sejak 10 Januari – 14 Februari 2022.

Hingga saat ini, sosialisasi ke setiap sekolah menengah pertama (SMP) di Sulut, terus dilakukan oleh MAKN Bolmong.

Bukan hanya di Bolmong Raya saja, sosialisasi tentang MAKN Bolmong juga dilakukan di beberapa Kabupaten dan Kota lain,seperti Kota Manado, Kota Bitung, dan Minahasa Raya.

Menurut Kepala MAKN Bolmong Sarpin Hamsah, tahun 2022, sekolahnya menyediakan kuota sebanyak 96 siswa.

Untuk kuota sendiri, telah ditentukan sesuai dengan kapasitas asrama yang ada di MAKN Bolmong.

Karena para siswa yang akan bersekolah MAKN Bolmong, lanjutnya, diharuskan tinggal di asrama sekolah.

“Tahun 2022, kita siapkan 96 kuota, 48 untuk putra dan 48 lagi untuk kuota putri,” ujarnya kepada awak media, di kantornya, Jumat, 28 Januari 2022, sembari menambahkan.

“Jadi berapa kemampuan kamar asrama yang kosong, itu yang kemudian akan kami jadikan kuota untuk penerimaan siswa baru,” sambung Sarpin.

Mantan Kepala MAN Model Manado ini menerangkan, jika para siswa yang nantinya masuk di MAKN Bolmong akan diberi dua pilihan jurusan.

Dimana pilihan pertama adalah jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian, dan kedua adalah Pengolahan Hasil Perikanan.

MAKN Bolmong ini, berfokus menciptakan lulusan yang sangat siap menatap dunia kerja, ketika mereka selesai sekolah.

“Karena ini sekolah kejuruan, jadi fokus utama kami adalah melahirkan para lulusan yang langsung siap kerja ketika mereka selesai sekolah, sederhananya menciptakan pengusaha muda,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Kaur Tata Usaha (KTU) MAKN Bolmong Sadat mengatakan, jika para siswa dan siswi di Bolmong diajarkan cara membuat olahan atau produk dari hasil pertanian dan perikanan.

Cara itu dilakukan, lanjutnya, dengan membeli hasil pertanian dan perikanan dari masyarakat Bolmong, kemudian para guru mengajarkan cara mengolahnya.

Menurutnya, metode yang diterapkan pihaknya memang seperti ini,

“Contohnya seperti mengajarkan para siswa untuk membuat Virgin Coconut Oil (VCO) yang berasal dari buah kelapa, disini kita ajarkan cara pembuatan, pengolahan, hingga minyak tersebut siap produksi,” ucap Sarpin.

Sedangkan untuk perikanan, para siswa diajarkan bagaimana membuat produk-produk seperti ikan kaleng atau dibuat bakso yang kemudian siap dijual ke luar daerah.

“Jadi kita lebih fokus ke pembentukan SDMnya, tak hanya teori saja tapi langsung dipraktekkan disini,” ungkapnya.

“Nah, untuk peralatan yang nantinya dipakai dalam praktek pengolahan baik pertanian maupun perikanan semuanya lengkap,” tambah dia.

Sementara itu, Yuni Prastiwi Ningsih, selaku Ketua Panitia Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) di MAKN Bolmong mengatakan, jika para siswa tak hanya dibentuk untuk menghadapi dunia kerja.

Namun, mereka juga diajarkan tentang agama ketika bersekolah di MAKN Bolmong.

“Karena kita punya banyak kegiatan ekstrakurikuler, mulai dari kegiatan kesenian, olahraga, paskibra, pramuka, hingga keagamaan,” kata dia.

Kegiatan keagamaan yang dimaksud diantara lain, seni Al-Qur’an, meliputi Kaligrafi, Tilawah, dan Syarh.

Adapula klub bahasa asing yang mempelajari tentang bahasa Arab dan Inggris.

“Para siswa juga akan diajarkan untuk sholat 5 waktu. Jadi tak hanya membentuk SDM saja, tapi akhlak juga tetap dibentuk disini,” tuturnya.

Untuk fasilitas MAKN Bolmong sendiri, boleh dibilang sangatlah lengkap.

Selain mempunyai 20 ruang kelas belajar, MAKN Bolmong juga punya gedung teori, gedung praktek, gedung asrama, perpustakaan, lapangan olahraga, ruang kesehatan dan unit usaha.

“Semua fasilitas ini lengkap dengan peralatannya,” bebernya.

Mski begitu, Yuni Prastiwi Ningsih mengatakan jika para calon siswa yang sudah mendaftarkan diri di MAKN Bolmong harus mengikuti Computer Based Test (CBT).

“Yang menentukan mereka lulus itu dari Kemenag RI. Jadi meskipun kuota kami 96, tapi yang lulus hanya 50 siswa saja, maka 50 siswa inilah yang diterima,” ungkapnya.

Bagi orang tua siswa yang ingin mendaftar buah hatinya di MAKN Bolmong, juga bisa melalui website https:snpdb-madrasah.kemenag.go.id atau bisa juga di link juknis https://bit.ly/juknisSNPDB 2022.

“Atau kalau para orang tua masih binggung, maka bisa menghubungi nomor kontak di 085146233460 ummi Yuni, 085231538995 ummi Indri, dan 082293396582 ustad Febri,” tandasnya.

 

(Yudi Paputungan)

Komentar