BPOM Manado Gelar Bimtek PJAS di SMPN 1 Lolak

BOLMONGNEWS.COM, Bolmong–Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (POM) di Manado menggelar Bimbingan teknis (Bimtek) Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) di SMPN 1 Lolak Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Rabu (17/9/19).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong Tahlis Gallang, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Bolmong Renti Mokoginta, Sekretaris Dinas Bolmong Steven Tandayu dan Kepala Seksi Kurikulum Bolmong Subagio Manggopa. Peserta Bimtek ini adalah Kepala Sekolah, Guru UKS dan Penjaja Kantin dari 50 Sekolah (SD, SMP, SMA) di Kabupaten Bolmong.

Dalam sambutannya sekaligus membuka acara, Sekda Tahlis Gallang menyatakan apresiasi kepada BBPOM di Manado yang telah menggelar bimtek keamanan pangan sekolah di Kabupaten Bolmong. Beliau menyampaikan bahwa perlunya koordinasi yang baik antara setiap unsur disekolah dan juga instansi-instansi terkait untuk mewujudkan kantin-kantin sehat di Kabupaten Bolmong.

Peserta Bimtek sangat antusias mengikuti Bimtek yang diawali dengan pre-test dan dilanjutkan dengan penyuluhan berbagai materi yang dibawakan Kadis Disdik, Kabid Dinkes dan BBPOM.

Disela-sela pemberian materi, peserta diajak untuk bersama-sama melakukan berbagai senam, salah satunya senam anti stroke. Selanjutnya, peserta diberikan post-test untuk dapat mengevaluasi sasaran kegiatan ini, dan di akhir acara dilakukan sesi tanya jawab interaktif yang membahas seputar kriteria kantin sehat dan PJAS aman, bermutu dan berigizi.

Melalui kegiatan bimtek ini, diharapkan untuk sekolah-sekolah yang telah diintervensi dapat menerapkan sistem keamanan pangan terhadap kantin sekolah masing-masing dan membagikan pengetahuan yang telah didapatkan kepada lingkungan sekitar sehingga kedepannya agar seluruh kantin di sekolah-sekolah Kabupaten Bolmong dapat menjadi kantin sehat yang menyediakan pangan jajanan yang aman, bermutu dan bergizi.(Viko)

Komentar