BPBD Peringatkan Akan Cuaca Ekstrem, Syahril: Masyarakat Diminta Selalu Waspada

BOLMONG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menghimbau, agar warga dapat waspada adanya cuaca ekstrem, Senin (6/11).

Pasalnya, bencana hidrometeorologi saat ini terus mengintai wilayah Kabupaten Bolmong.

Menurut Kepala BPBD Bolmong Syahril Mokoagow, kondisi cuaca yang masih ekstrem saat ini, sangat berpotensi terjadi bencana banjir, tanah longsor, maupun gelombang air laut pasang.

Fenomena La Nina akan terjadi sesuai analisa BMKG hingga awal tahun 2022 mendatang,” ujar Syahril.

Namun, Lanjut Syahril, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, dibutuhkan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi setiap potensi ancaman bencana.

Syahril sendiri menyebutkan, terkait kondisi pesisir wilayah pantai utara (pantura) Kabupaten Bolmong, gelombang pasang terjadi hampir merata di wilayah pesisir tersebut.

Kondisi ini, lanjutnya, disebabkan adanya fase bulan baru bersamaan dengan Perigee (jarak terdekat bulan ke bumi) dan adanya peningkatan gelombang laut.

“Sehingga pada saat sore hingga malam, terjadi banjir pesisir yang menyebabkan puluhan rumah warga akan terdampak gelombang pasang di wilayah Poigar, Bolaang, Lolak, hingga Sangtombolang,” sebut Syahril.

Untuk itu Syahril Mokoagow mengimbau kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Bolmong, khususnya yang bermukim di wilayah sempadan sungai, perbukitan dan pesisir pantai, senantiasa meningkatkan kewaspadaan akan potensi bahaya gelombang pasang atau banjir pesisir.

“Segera lakukan evakuasi mandiri, jika terdapat hal-hal yang dapat mengancam keselamatan,” imbau Syahril.

Kemudian itu, selalu peka dengan adanya tanda-tanda alam, khususnya kearifan lokal di masyarakat akan setiap potensi ancaman bencana yang bisa terjadi setiap saat dan pada kondisi cuaca ekstrim, khususnya bencana hidrometeorologi.

Selain itu, bagi nelayan, agar sementara waktu menunda aktivitas melaut untuk menghindari potensi bahaya, maupun musibah ditengah situasi cuaca saat ini.

“Selalu pantau update informasi cuaca dari BMKG yang turut disebarluaskan oleh PUSDALOPS 24/7 BPBD Bolmong,” kata dia.

“Jika terdapat hal-hal yang dapat mengancam keselamatan jiwa, agar dapat menghubungi Call Center PUSDALOPS 24/7 melalui nomor 0822-3200-3400,” sambung Syahril.

 

(Yudi Paputungan)

Komentar