Bolmong Punya Potensi Besar, Pelaku UMKM Diminta Gunakan Media Digital

BOLMONG – Kepala Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komikasi dan Informatika  (BPSDMP Kominfo) Manado, Christiany Juditha, meminta para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), dapat memanfaatkan secara optimal media digital sebagai sarana komunikasi dengan target konsumen.

Menurutnya, pemanfaatan digitalisasi untuk pemasaran secara online sangat baik bagi pelaku UMKM.

“Terlebih di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) yang memiliki potensi  yang begitu besar,” ujarnya.

Ia mengatakan, saat ini ekonomi masyarakat sedang lesu, dikarenakan kondisi pandemic covid-19. Maka pentingnya mendorong pelaku UMKM memanfaat media digital sebagai sarana komunikasi dalam memasarkan hasil produknya. melalui platform digital.

“Terutama melalui aplikasi serta katalog online UMKM untuk pengadaan barang maupun jasa, dan kita disini melatih skil mereka (pelaku UMKM) lewat pelatihan DEA ini,” kata Juditha kepada sejumlah awak media, disela-sela pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) 2021, kepada 50 pelaku UMKM di Hotel Sutanraja Kotamobagu, Kamis (10/6/2021).

Untuk penilaian Bolmong, lanjutnya, hampir  sama dengan daerah-daerah lain. Namun,  yang lebih menonjol untuk UMKM nya adalah kuliner.

“Itu terlihat dari peserta-peserta yang ikut kebanyakannya adalah ibu-ibu,” ucapnya.

“Ibu-ibu sebenarnya punya potensi besar mengembangkan usaha mereka di Bolmong, dan soal kuliner tentu yang lebih memahami adalah mereka sendiri,” sambungnya.

Ia mengimbau, apa yang diberikan pada pelatihan bisa dikembangkan lebih baik, hingga cara pemasarannya.

“Pemasaran sekarang kan  mau tidak mau harus melalui digital, karena era saat ini sudah tidak adalagi dari mulut ke mulut cara pemasarannya,” terangnya.

Disisi lain, ia berharap kerjasama BPSDMP Manado dan Diskominfo Bolmong  bisa berdampak positif, sehingga pelaku UMKM nya naik kelas.

“UMKM Bolmong bisa terangkat, tentu daerah juga tambah hebat dan maju,” pungkasnya.

Diketahui, pelatihan DEA 2021 merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh BPSDMP Kominfo Manado bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo).

Peliput : Yudi Paputungan.

Komentar