Beri Kemudahan ke Warga, Dinas Kominfo Bolmong Sediakan Live Streaming Seleksi Balon Sangadi

BOLMONG Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) ikut sukseskan kegiatan seleksi bakal calon (Balon) Sangadi atau Kepala Desa.

Diketahui Dinas Kominfo Bolmong, memberikan kemudahan kepada masyarakat sekitar yang ingin menyaksikan acara seleksi para bakal calon (Balon) Sangadi atau Kepala Desa dari 13 Desa yang calonnya melebihi 5 orang.

Kemudahan itu yakni dengan menyiapkan Live Streaming, sehingga masyarakat sekitar Kabupaten Bolmong tak ketinggalan menyaksikan proses seleksi balon Sangadi, tanpa harus datang ke lokasi pelaksanaan tes, di Kantor Bupati Bolmong, Lolak, Rabu (22/12).

Kepala Dinas Kominfo Bolmong Marief Mokodompit mengatakan, upaya yang dilakukan pihaknya, salah satunya adalah menghindari kerumunan di tengah pandemi covid-19.

Menurut Marief, apalagi pandemi covid-19 saat ini masih terus ada. Terlebih ketatnya penerapan protokol kesehatan (Prokes) yang diterapkan pemerintah daerah, untuk mencegah penyebaran covid-19.

“Sehingga, kegiatan seleksi yang dilaksanakan panitia digelar secara terbatas,” kata Marief.

Namun, masyarakat sekitar, tetap masih bisa dapat menyaksikan seleksi para balon Sangadi, tanpa harus datang ke lokasi melalui Live Streaming pada Chanel YouTube milik Pemkab Bolmong.

“Masyarakat sekitar tetap bisa menyaksikan proses seleksi ini di mana saja, melalui Live Streaming,” ujarnya.

Diketahui, sebanyak 87 orang balon Sangadi dari 13 Desa, selama tiga hari berturut-turut adu skil dihadapan penguji untuk menjadi yang terbaik.

Hal ini pun berdasarkan Peraturan Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Nomor 17 Tahun 2019 tentang pedoman teknis penyelenggaraan pemilihan Sangadi (Pilsang) pada pasal 41 ayat 5 yang akan mengikuti penyaringan untuk memperoleh 5 orang balon Sangadi yang berhak dipilih.

Para balon Sangadi itu pun telah melewati berbagai tes diantaranya, mulai dari tes tertulis, wawancara dan pidato.

Pemkab Bolmong sendiri akan menggelar Pemilihan Sangadi (Pilsang) serentak di 96 Desa dari 200 Desa, yang dijadwalakan awal Februari 2022 mendatang.

 

(Yudi Paputungan)

Komentar