Bappeda Bolmong Gelar Lokalatih Penyusunan dan Pemutakhiran SSK

BOLMONGNEWS.COM, Bolmong— Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) terus menseriusi program percepatan pembangunan sanitasi perkotaan (PPSP).

Hal itu menyusul dengan dilaksanakannya lokalatih penyusunan dan pemutakhiran Strategis Sanitasi Kabupaten (SSK), yang dipimpin langsung Kaban Bappeda Bolmong Yarlis Awaludin Hatam. Menurut dia, hal ini tentu adalah sebuah roadmap pembangunan sanitasi di Indonesia.

“Program PPSP ini, digagas oleh tim teknis pembangunan sanitasi (TTPS) dengan mempromosikan strategis sanitasi kabupaten (SSK). Sebagai, cetak biru bagi pembangunan sanitasi komprehensif di kawasan perkotaan,” ujar Yarlis.

Lanjut dia, strategis sanitasi kabupaten merupakan dokumen perencanaan strategis sanitasi jangka menengah 5 (Lima) Tahun,  yang memberikan arahan bagi pembangunan sanitasi jangkah menengah sekaligus menjadi wujud perhatian yang lebih dari pemerintah daerah, terhadap pengelolaan sanitasi bagi masyarakat di daerahnya dalam rangka pencapaian target pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) dari sektor sanitasi.

“Terdapat 2 (Dua) kategori kabupaten yang menyusun SSK, pertama adalah kabupaten/kota yang baru bergabung dalam program percepatan pembangunan sanitasi permukiman (PPSP), dan kedua adalah kabupaten/kota yang sebelumnya telah memiliki strategis sanitasi kabupaten,” ungkapnya.

Disisi lain, ia menjelaskan, yang akan dimutakhirkan, mengingat beberapa kondisi seperti; 1. Periode pelaksanaan yang tercantum dalam dokumen SK telah melampaui masa berlaku atau telah kadaluarsa, yaitu lebih dari 5 tahun; 2. Penyesuaian terhadap target akses universal 2019 di bidang sanitasi; 3. Peningkatan kualitas dari SSK sebelumnya yang disebabkan oleh tidak lengkapnya data maupun akibat adanya keraguan atas validitas data yang digunakan; 4. Adanya penyesuaian/perubahan RPJMD yang menjadi acuan dari SSK; 5. Perubahan RPJMD terjadi akibat adanya perubahan kepala daerah. Untuk pemkab bolmong sendiri, tahapan pemutakhiran strategis kabupaten, sudah diawali dengan koordinasi awal dan penyamaan persepsi dalam rangka kegiatan kick off meeting pada bulan Juli  lalu.

“Kita sudah masuk tahap II, yaitu pemetaan kondisi dan kemajuan pembangunan sanitasi di kabupaten bolaang mongondow,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, acara tersebut dilaksanakan di aula Kantor Bappeda Bolmong, dan turut dihadiri para perwakilan instansi terkait Pemkab Bolmong. (*/ewin)

Komentar