216 Personil Siap Pantau Hasil Pemilihan, Pemkab Bolmong Perkuat Tim Desk Pilsang Serentak 2022

BOLMONG – Pemilihan Sangadi (Pilsang) atau Kepala Desa di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) dipastikan berlangsung, Kamis, 3 Februari 2022, besok.

Sebanyak 96 desa dari 200 desa di 15 Kecamatan Kabupaten Bolmong, bakal mengikuti pesta demokrasi tingkat desa.

Pelaksanaan serta pengawasan Pilsang serentak ini, terus dimaksimalkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong.

Pemkab Bolmong pun, menggelar Pembekalan Tim  Desk  Pilsang, di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Rabu, 2 Februari 2022.

Dipimpin langsung, Asisten I Pemerintahan Setda Bolmong Deker Rompas selaku Ketua Panitia Kabupaten, ikut dihadiri Kadis Kominfo Marief Mokodompit dan Kadis Pendidikan Renty Mokoginta serta peserta Tim Desk Pengawas Pilsang, secara virtual.

Dalam kesempatan tersebut, Asisten I memastikan, secara keseluruhan sebanyak 216 personil yang disiapkan untuk pengamanan di 216 TPS, di 96 desa yang akan melaksanakan Pilsang.

Menurutnya, nantinya personil ini, akan bertugas di masing-masing TPS yang ada di Desa.

“Jadi ada 216 TPS yang tersedia pada Pilsang nanti dan 216 personil dari kalangan PNS yang tergabung dalam Tim Desk tersebut, akan melakukan pengawasan di masing-masing TPS,” ujarnya.

Lanjut Deker, tiap desa sendiri terdiri dari  5 TPS yang tersebar, untuk masing-masing TPS berjumlah 500 pemilih.

“Sehingga itu, di tiap TPS ada pengawas dari Tim Desk Pilsang yang akan bertugas mengawas dan melaporkan hasil pemilihan dilapangan,” ucap Deker.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Bolmong Marief Mokodompit, berharap ada kerja sama yang baik dari semua Tim Desk Pilsang terkait pelaporan data hasil pemilihan dilapangan.

“Tentu, keakuratan data sangat dibutuhkan,” kata Marief.

Sehingga itu,Tim Desk harus berupaya maksimal dalam pengumpulan dan pelaporan data dilapanga.

“Ini dimaksutkan, tidak ada data yang lebih atau kurang, dari perhitungan panitia Pilsang di tingkat desa,” ujarnya.

“Karena, ini juga turut dipantau dan dimonitor langsung Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow,” tandas Marief usai menghadiri kegiatan Tim Desk Pilsang serentak.

 

(Yudi Paputungan)

Komentar